Membaca dan menulis merupakan literasi yang dikenal paling awal dalam sejarah peradaban manusia. Keduanya tergolong literasi fungsional dan berguna besar dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memiliki kemampuan baca-tulis, seseorang dapat menjalani hidupnya dengan kualitas yang lebih baik.Â
Terlebih lagi di era yang semakin modern yang ditandai dengan persaingan yang ketat dan pergerakan yang cepat. Kompetensi individu sangat diperlukan agar dapat bertahan hidup dengan baik.
Di masa modern seperti ini nampaknya literasi dasar seperti baca tulis sangat diperlukan bagi semua orang. Karena semua orang sudah mudah dan diwajibkan untuk mencari ilmu dimana saja.
Pada kesempatan KKN UPI tahun ini difokuskan dalam segala hal yang bertema literasi. Meliputi literasi baca tulis, numerasi, sains, dan digital. Pelaksanaan KKN yang penulis lakukan bertempat di SMPN 1 SALAWU Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Dalam pelaksanaannya penulis berfokus pada pembiasaan kembali siswa-siswi SMP dalam literasi baca tulis.
Dengan adanya program KKN bertemakan literasi, penulis menerapkan beberapa program lanjutan dalam baca tulis salah satunya pematerian mengenai kepemimpinan dalam OSIS.Â
Hal ini perlu dilakukan mengingat selama 2 tahun pandemi Covid-19 kegiatan seperti OSIS disekolah menjadi terhenti, sehingga penerus dari organisasi siswa tersebut banyak yang belum mengetahui dan paham akan organisasi dan roda organisasi bisa bergulir kembali.
Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan pemilihan Ketua OSIS periode 2021-2022. Sebelum penerimaan pengurus OSIS lainnya terlebih dahulu diadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para calon pengurus OSIS mengenai kepemimpinan dan juga organisasi.
Kegiatan ini merupakan LDKS pertama setelah OSIS pada periode sebelumnya terhenti karena pandemi Covid-19. Tak lupa seluruh siswa yang mengikuti kegiatan tersebut harus tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker, rajin mencuci tangan, dan pengecekan suhu sebelum memasuki kawasan sekolah.
Dalam kegiatan tersebut materi yang dibawakan meliputi pengertian OSIS secara umum, fungsi dan tugas OSIS, kewajiban dan hak pengurus OSIS, dan juga hal lain yang bersangkutan dengan OSIS di sekolah. Seluruh pematerian tersebut diikuti oleh pengurus OSIS perwakilan setiap kelas 7, 8, dan 9.
Perlu digaris bawahi juga dalam keadaan pandemi yang mulai mereda seperti saat ini, nampaknya semua kegiatan harus mulai digulirkan kembali. Karena siswa sekolah dari tingkat SMP sampai SMA harus mendapatkan ilmu dan pengalaman dalam berorganisasi. Selain untuk memajukan sekolah juga untuk menjadi bekal mereka kedepannya.