Mohon tunggu...
Kartika E.H.
Kartika E.H. Mohon Tunggu... Wiraswasta - Best in Citizen Journalism 2020

... penikmat budaya nusantara, buku cerita, kopi nashittel (panas pahit kentel) serta kuliner berkuah kaldu ... ingin sekali keliling Indonesia! Email : kaekaha.4277@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Tembang Ancung-Ancung dan Episode Heroik "Bapakku Arena Bermainku!"

17 Januari 2024   17:04 Diperbarui: 17 Januari 2024   18:54 383
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bapakku Arena Bermainku! | lovepik.com

Ancung-ancung, 

Kembang galak kembang gadung 

Gadunge ruwe ruwe 

Rambatane kayu gedhe 

Buur, menclok ning duwure 

Dulu, waktu masih kecil saya paling suka main sama bapak, karena bapak bisa main apa saja! Ya, main apa saja dalam arti yang sebenarnya!

Main sama bapak yang saya maksudkan disini bukan sekedar main bersama-sama bapak ya! Seperti main bola bareng, sepedaan bareng atau main karambol berdua. Bukan! Bukan main seperti itu yang saya maksudkan.

Tapi benar-benar main sama bapak yang menjadikan bapak sebagai pusat ide sekaligus partner dalam  permainan, bahkan di banyak momen bapak juga sering beralih peran menjadi selayaknya arena bermain bagi saya.

Ya! Main yang saya maksud memang lebih menjadikan badan bapak yang gempal sebagai arena bermain yang sangat menyenangkan. Eh maaf ya, yang badannya nggak gempal jangan insecure ya mau maen sama buah hatinya. Masih bisa kok, tinggal diatur saja mana yang cocok...he...he...he...!

Ini hebatnya bapak! Banyak sekali ide permainan yang lahir dari kebersamaan dengan beliau. Selain, konon beberapa  permainan juga diturunkan dari bapaknya beliau alias kakek saya.

Baca Juga Yuk! Jangkrik Bos! Ini "Mainan Mahal" Anak-anak 80-an

"Salah dua" permainan keren yang paling saya suka, sehingga menjadi yang paling sering saya request saat bermain sama beliau saat itu adalah sebuah permainan yang selalu diiringi dengan "soundtrack" tembang Jawa "ancung-ancung". yang lairiknya ada diatas. Ada yang bisa mendendangkannya!?

Saya menyebutnya permainan ancung-ancung karena biasanya bapak memang memainkan permainan ini sambil menyanyikan lagu "ancung-ancung kembang kembang galak kembang gadung... " dan seterusnya tersebut.

Cara mainnya unik dan pasti menyenangkan anak-anak. Ada 2 cara memainkan permainan ancung-ancung ini.

Pertama biasanya bapak rebahan di tempat datar, bisa di lantai atau atau di kasur, tapi biasanya di kasur sih. Setelah itu bapak akan melipat kaki dan merapatkannya ke perut sehingga saya bisa duduk di atas telapak kaki beliau.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun