Mohon tunggu...
kaekaha
kaekaha Mohon Tunggu... Wiraswasta - Best in Citizen Journalism 2020

(Mantan) Musisi, (mantan) penyiar radio dan (mantan) perokok berat yang juga penyintas kelainan buta warna parsial ini, penikmat budaya nusantara, buku cerita, sepakbola, kopi nashittel, serta kuliner berkuah kaldu ... ingin sekali keliling Indonesia! Email : kaekaha.4277@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Tirulah Grab untuk Membangun Komunikasi & Relationship yang Kuat dan Efektif

4 Desember 2019   22:46 Diperbarui: 4 Desember 2019   22:42 156
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Asia Tenggara adalah tempat yang penuh dengan ambisi sekaligus keterbatasan.

Jutaan orang menghadapi tantangan hidup setiap hari, 

Itulah alasan kami menciptakan aplikasi untuk semua.

(GrabForGood: Cerita yang menginspirasi) 

Begitulah kira-kira sepenggal narasi pada video GrabForGood: Cerita yang menginspirasi yang menjadi spirit awal bagi sekelompok sahabat ambisius (dan juga optimis) untuk memulai membangun perusahaan yang kelak dikenal dunia sebagai perusahaan teknologi mobile terbesar di Asia Tenggara yang bisa menghubungkan jutaan pelanggan dengan jutaan mitra pengemudi, merchant, dan juga bisnis. Itulah Grab

Perusahaan yang digagas dari sebuah gudang kecil sewaan di salah satu sudut Kota Kuala Lumpur, Malaysia sekitar tahun 2012 silam ini dibangun dengan tekad, ambisi serta sikap optimis untuk mendobrak batasan-batasan realitas masyarakat Asia Tenggara yang umumnya mempunyai masalah mendasar yang sama, yaitu ketimpangan akses, ketertinggalan infrastruktur dan juga kesenjangan pendapatan.


Berangkat dari beberapa pertanyaan faktual yang menggelitik berikut, 

“Bisa tidak ya kita punya cara bepergian yang lebih aman?”
“Bisa tidak ya kita membuat kondisi bekerja mitra pengemudi jadi lebih baik?”
“Bagaimana kalau kita bisa buat hidup jadi lebih mudah?”

layanan Grab awalnya dibangun untuk memberikan alternatif berkendara bagi para pengemudi dan penumpang yang menekankan pada aspek kecepatan, keselamatan dan kepastian, sekarang telah menjelma menjadi platform multi purpose berjuluk everyday superapp terkemuka di Asia Tenggara.

Grab yang saat ini memberikan layanan di Singapura, Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar dan Cambodia berhasil mendobrak berbagai fakta keterbatasan sekaligus mampu menjawab sejumlah tantangan transportasi krusial untuk mewujudkan kebebasan, kemudahan dan juga keamanan  bertransportasi bagi 620 juta penduduk di Asia Tenggara!

Fakta Kontributif Kehadiran Grab di Asia Tenggara dan Indonesia

Kejelian manajemen Grab yang membangun usaha dengan semangat empatik, menjadikan semua aspek usaha Grab tidak lepas dari upaya untuk memberi benefit atau keuntungan lebih kepada semua pihak yang terlibat dengan bisnisnya, mulai  dari mitra pengemudi, merchant, agen, mitra pengiriman, hingga startup dan tentunya para pelanggan Grab. 

Bersama Grab semuanya mendapat kesempatan yang sama untuk mendapatkan penghasilan lebih dan berlipat di mana pun mereka berada, termasuk semua pelanggan untuk mendapatkan kepuasan layanan dan berbagai benefit sesuai dengan tingkat loyalitas kontributifnya.


Inilah kunci utama eksistensi usaha Grab! Strategi usaha mereka membangun komunikasi dan relationship yang kuat memunculkan efek domino kebermanfaatan yang luar biasa, tidak  hanya bagi stake holder dalam lingkaran bisnisnya saja (seperti tersebut diatas), tapi juga untuk negara.

Mengutip dari Katadata.co.id menurut laporan analisis dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS) dan Tenggara Strategics, di sepanjang tahun 2018 yang lalu mitra Grab menyumbang Rp 48,9 triliun terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia lho! Wooow, ternyata bicara Grab tidak hanya sekedar sentuh dan geser aplikasi di gadget, dilanjut pesanan datang dengan cepat, selamat dan lebih aman saja ya!

Bahkan untuk urusan "kontribusi" ini, secara spesifik Grab mempunyai rumusan berupa road map yang jelas dan nyata untuk mendukung kemajuan kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia yang disebutnya sebagai "kawasan penuh ambisi sekaligus keterbatasan dengan pertumbuhan tercepat di dunia!", yaitu

  1. Mulai dari mitra pengemudi, merchant, agen, mitra pengiriman, hingga startup, kami menyediakan kesempatan dapatkan penghasilan berlipat di mana pun mereka berada.
  2. Kami akan membuat layanan finansial yang bisa mereka akses dengan menyediakan pilihan finansial melalui produk pinjaman dan layanan asuransi.
  3. Sebagai aplikasi andalan setiap hari, kami menyediakan akses kepada layanan dengan kualitas lebih yang lebih aman dan dapat membantu semua orang atasi batasan mereka setiap harinya.

Meskipun banyak hambatan infrastruktur yang menghadang Asia Tenggara, lebih dari 73% penduduknya tetap yakin bahwa mereka dapat mencapai mimpi terbesar mereka. Dengan semangat ini, dan juga ambisi seperti kami, kami percaya, tak ada yang bisa menghalangi kita

taksi argo GreenLine (instahu.net)
taksi argo GreenLine (instahu.net)
Cara Grab Membangun Komunikasi dan Relationship yang Kuat dan Efektif

Bagi pengguna layanan Grab, tentu sudah sangat familiar dengan berbagai layanan inovatif Grab yang terus berkembang dan bertumbuh dari waktu ke waktu. Bermula dari aplikasi pemesanan taksi pada tahun 2012 yang kemudian platformnya dikembangkan menjadi layanan pemesanan mobil sewaan (GrabCar), ojek (GrabBike), carpooling (GrabHitch) dan layanan pemesanan kurir (GrabExpress).  

Sekarang, everyday superapp Grab yang tertanam pada lebih dari 144 jutaan smartphone pengguna di lebih dari 380 Kota di 8 negara Asia Tenggara, dengan didukung strategi open platform, terus berkembang dan bertumbuh menyediakan berbagai layanan untuk memenuhi kebutuhan harian masyarakat Asia tenggara, termasuk Indonesia secara lebih spesifik dan holistik, termasuk memberikan berbagai benefit aktual dan bermanfaat bagi semua penggunanya.

Saat ini, kalau pengguna Grab jeli dan mau mengeksplor everyday superapp lebih detail lagi maka akan menemukan banyak fitur layanan inovatif yang benar-benar bikin nggak bisa kelain hati!

Sebut saja layanan GrabNow yang simple dan memudahkan, pengguna bisa langsung bisa memilih pengemudi yang standby alias ngetem disekutarnya  untuk segera mendapatkan layanan. Jadi tidak perlu waktu lama lebih lama untuk menunggu.  Selanjutnya Grab juga mempunyai layanan taksi argo GreenLinebagi para milenial yang mobile dan memerlukan moda transportasi online sekaligus bisa offline yang prima, feksibel, cepat dan tentunya aman, tentu GreenLine menjadi solusi terbaik.

Berikutnya Grab punya layanan yang spesifik, seperti GrabCar 6 (kapasitas maksimal untuk enam orang dan bagasi 80 kg plus asuransi gratis), GrabCar Plus (driver Grab dengan rating bintang lima, kapasitas maksimal untuk empat orang dan bagasi 80 kg plus asuransi gratis), GrabSewa (durasi 4-12 jam, biaya termasuk bensin),  GrabGerak (layanan khusus ramah disabilitas) dan  GrabBajay khusus di Jakarta. 

Seperti  GrabBajay di Indonesia, di beberapa negara Grab juga memanfaatkan moda transportasi khas negara tersebut, seperti di Thailand ada GrabTukTuk, di Kamboja ada GrabRemorque, sedangkan di Myanmar ada GrabThoneBane.

GrabFresh (grab.com)
GrabFresh (grab.com)

Grab memang #SelaluBisa memberikan terobosan  layanan yang inovatif, terbaru ada cara seru & ramah lingkungan untuk jalan-jalan menjelajahi jalanan, yaitu dengan GrabWheels e-skuter!

Diluar armada mobile #AplikasiUntukSemua Grab juga melayani belanja kebutuhan sehari-hari melalui layanan GrabFresh, kalau mau beli tiket nonton film bisa melalui layanan BookMyShow dan kalau mau nonton drama #AplikasiUntukSemua #SelaluBisa memberi layanan terbaik via layanan Hooq.

#AplikasiUntukSemua juga mempunyai GrabKios,  layanan andalan warung-warung  untuk bersaing dengan minimarket, juga ada layanan GrabKitchenyaitu dapur delivery-only atau dapur satelit  yang menggabungkan sejumlah brand makanan dan minuman dalam satu dapur sentral untuk memenuhi permintaan santapan di wilayah tertentu dan yang paling bikin hemat fitur GrabSubscriptions atau langganan paketan hemat harus dicoba, untuk Food Packages, Car Packages, Bike Packages, Special Packages, Expres Packages dan E-scooter Packages". Silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan.


Memang tidak salah menyebut  platform multi purpose aplikasi Grab sebagai everyday superapp terkemuka di Asia Tenggara. 

Bagaimana tidak!? Hanya dengan satu #AplikasiUntukSemua yang tertanam di smartphone, dengan mudah kita #SelaluBisa memesan apa saja! Mau taksi, ojek, makanan, tiket nonton, kurir, belanjaan bulanan, bahkan mau bayar tagihan telepon, listrik, air, hingga TV kabel #SelaluBisa dibayarkan secara online dengan aplikasi Grab, termasuk membeli pulsa, paket internet, booking kamar hotel dan juga fitur donasi 

Hebatnya lagi, kehadiran aplikasi OVO dan LinkAja  dompet digital yang menjadi mitra Grab tentu akan menambah fleksibilitas pengguna dalam memilih metode pembayaran layanan Grab. Selain itu, sepertinya mengeksplorasi platform multi purpose berjuluk everyday superapp terkemuka di Asia Tenggara besutan Grab juga menjadi aktifitas yang menarik untuk menghabiskan waktu lho!

Bisa nonton,  ngulik berbagai tawaran menarik,  jelajah rasa, mengikuti polling, mengikuti challenges berhadiah poin GrabRewards, informasi promo dan diskon terbaru, bahkan ikut berdonasi

Coba perhatikan! Semua produk inovatif Grab yang semuanya terangkum dalam  everyday superapp #AplikasiUntukSemua, #SelaluBisa menyentuh kebutuhan dan keperluan masyarakat Indonesia dan Asia Tenggara rumah bagi Grab secara spesifik dan holistik! Karena Grab membangun  komunikasi dan relationship dengan hati!

Buktinya!

Pertama, setelah pertama kali menggunakan jasa Grab, segera buka email anda! Maka saat itu juga boss besar Grab Anthony Tan akan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan anda memilih layanan Grab! Layaknya sebuah sambutan hangat untuk anggota keluarga baru, siapapun pasti akan merasakan adanya kedekatan yang begitu hangat ketik membaca pesan CEO Grab tersebut. 

Kedua, semua fitur dalam  everyday superapp #AplikasiUntukSemua Grab memudahkan dan memberi banyak benefit! Siapa orangnya yang tidak tersentuh hatinya jika selalu dimudahkan dan diuntungkan?

Ketiga, Fitur pemberian rating dan uang tips di aplikasi Grab merupakan setting komunikasi dan juga relationship yang dibangun sebagai bentuk riil penghargaan terhadap budaya timur kita, salah satu cara menghargai niat, usaha dan upaya orang lain untuk membantu serta memudahkan urusan kita.

Bagi saya,  everyday superapp #AplikasiUntukSemua Grab memang inspirasi terbaik untuk membagun komunikasi dan Relationship yang kuat dan efektif!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun