Mohon tunggu...
Kartika E.H.
Kartika E.H. Mohon Tunggu... Wiraswasta - Best in Citizen Journalism 2020

... penikmat budaya nusantara, buku cerita, kopi nashittel (panas pahit kentel) serta kuliner berkuah kaldu ... ingin sekali keliling Indonesia! Email : kaekaha.4277@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

5000 Karateka Banua Siap Pecahkan Rekor di Puncak Peringatan Haornas 2019, Banjarmasin

2 September 2019   14:06 Diperbarui: 2 September 2019   14:19 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Puncak acara peringatan Hari Olahraga Nasional atau HAORNAS tahun 2019 nasional akan dilaksanakan pada tanggal 4-9 September di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Artinya Kota 1000 Sungai merupakan kota pertama di Pulau Kalimantan yang ditunjuk sekaligus dipercaya pemerintah pusat melalui Kemenpora untuk menjadi tuan rumah hajatan insan olahraga tanah air tersebut.

Rangkaian peringatan Haornas tahun 2019 kali ini mengambil tema, #ayoolahraga #kapansajadimanasaja. Menurut Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta seperti dikutip dari Suara Merdeka, maknanya adalah seluruh masyarakat Indonesia diharapkan tak segan-seban lagi untuk berolahraga dalam kondisi apapun dan dimanapun berada. Olahraga tidak perlu menunggu waktu khusus dan fasilitas yang lengkap dan khusus pula! Dengan gerakan sederhana, olahraga dapat dilakukan dimana saja, kapan saja, bahkan di tengah aktivitas sekalipun.

Untuk kembali menggemakan juga memasyarakatkan olahraga sekaligus mengolahragakan masyarakat, dalam rangka  kampanye #ayoolahraga #kapansajadimanasaja  tersebut, Kemenpora menunjuk tiga selebritis, presenter Uya Kuya, pemain sinetron Ussy Sulistyowati dan komika Arafah Rianti sebagai Duta Ayo Olahraga.

Untuk puncak acara peringatan di Banjarmasin, rangkaian acara akan dimulai dari tanggal 4-8 September, yaitu event bazaar yang diisi oleh  produk UMKM dari seluruh Propinsi di Indonesia, dilanjutkan pada tanggal  7-8 September berupa seminar e-sport di hotel Rattan Inn, Banjarmasin.

Pada tanggal 8 September ada event Gowes Nusantara sekaligus sosialisasi senam SKJDULS alias senam SKJ jadul dilanjutkan dengan pemecahan rekor MURI untuk olahraga karate yang diperagakan oleh 5.000 sampai 6000  karateka yang akan dilaksanakan di Simpang Jembatan Merdeka atau persis depan Sekretariat KNPI Kalsel, siring Tendean dari Pasar lama, Bekas Kantor Gubernur/sepanjang jalan Jendral Soedirman, termasuk Depan Korem 101/Antasari, Menara Pandang hingga Patung Bekantan.Ini yang unik!

Untuk memecahkan rekor atraksi karate terbanyak ini akan di pimpin langsung orang nomor satu di Banua, yaitu Gunernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor yang juga seorang karateka pemegang sabuk hitam.

Untuk memantapkan persiapan pemecahan rekor ini, tidak tanggung-tanggung! Paman Birin, panggilan akrab Gunernur Kalimantan selatan, Sahbirin Noor juga ikut terjun langsung memimpin ribuan  karateka banua berlatih secara masal untuk membiasakan diri memperagakan kata secara serempak dan seirama sejak bulan Agustus kemarin.

Terbaru,  pada Minggu  pagi kemarin (1/9), ribuan karateka dari instansi dan organisasi termasuk SKPD di lingkup Pemprov Kalsel, TNI-Polri dan berbagai perguruan di Banjarmasin dan sekitarnya dengan atribut khas berupa seragam warna putih serta sabuk yang terlihat beragam warnanya (menandakan tingkatan masing-masing karateka), terlihat menyemut dan memenuhi perempatan jembatan Merdeka, Banjarmasin untuk berlatih bersama-sama dipimpin Paman Birin.

Untuk puncak perayaan Haornas yang akan dihelat pada 9 September 2019 di Kota Banjarmasin ini, panitia akan memberikan penampilan yang jauh berbeda dengan event-event sebelumnya. Bermaksud untuk melakukan rebranding olahraga air yang menjadi ikon Kalimantan Selatan, lokasi utama acara akan ditempatkan di lokasi wisata air terpadu di Siring Menara Pandang, Banjarmasin yang konsepnya akan memadukan teknologi video mapping dan olahraga air dengan latar keindahan (budaya) Sungai Martapura yang terletak persis di jantung kota Banjarmasin.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun