Mohon tunggu...
Kadek Bagastya Adi
Kadek Bagastya Adi Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

Nama saya Kadek Bagastya Adi , seorang mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Primakara University. Meskipun saat ini saya belum berprofesi, saya memiliki minat yang besar dalam bidang teknologi dan inovasi digital.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Media Pembelajaran Berbasis Canva Meningkatkan Kreativitas Membuat Tampilan yang Menarik pada Pembelajaran

19 Juni 2024   15:23 Diperbarui: 26 Juni 2024   12:22 145
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Seberapa sering kamu membuat slide presentasi yang menarik ? Apakah alat atau aplikasi yang kamu gunakan sudah cukup efektif ?  Presentasi efektif adalah keterampilan penting bagi siswa di era teknologi saat ini. Hal ini tidak jauh dari media pembelajaran, jadi diharapkan siswa dapat membuat media pembelajaran menarik karena dapat meningkatkan pengetahuan mereka. Ini sejalan dengan apa yang dikatakan Nurrita (2018). Dengan menggunakan media pembelajaran, proses belajar dapat ditingkatkan karena siswa tidak hanya menjadi penerima pasif dari instruksi guru tetapi juga berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran. untuk membantu mereka menyerap dan memahami materi yang diajarkan. Keahlian ini tidak hanya penting dalam bidang pendidikan, tetapi juga dalam kehidupan profesional, di tempat kerja dan dalam masyarakat. Namun, kenyataannya masih ada siswa SMP yang masih mengalami permasalahan saat membuat slide presentasi yang efektif karena kurang memiliki kreativitas. Karena kurangnya kreativitas siswa, media pembelajaran berbasis canva dapat mempermudah dan meningkatkan kreativitas dengan fitur -fitur yang disediakan.


Kurangnya kreativitas siswa dalam pembuatan media informasi dapat membuat siswa tertinggal. Di era teknologi yang sangat berkembang ini, masih ada siswa yang belum memiliki sistem pembelajaran dan dikolaborasikan dengan teknologi. Akibatnya, kreativitas mereka tidak berkembang. Ini juga memiliki perspektif yang sama dengan Lestari (2019) yang menyatakan bahwa SMP N 1 Bukit Sundi hanya menggunakan sistem pembelajaran konvensional, yang melibatkan penggunaan papan tulis di mana guru mencatat dan menjelaskan materi. Metode ini digunakan secara teratur, membuat siswa terfokus pada guru dan papan tulis, yang menyebabkan mereka bosan dan kehilangan minat mereka dalam belajar serta Ini mengurangi kreativitas dan minat belajar siswa. Seharusnya kita bisa mengembangkan kreativitas siswa dengan menggunakan media canva agar adanya inovasi dalam sistem pembelajaran yang membuat siswa tidak bosan dengan materi yang diberikan


Penggunaan media pembelajaran berbasis canva sangat baik karena mempermudah siswa dan meningkatkan kreativitas serta efektivitas dalam membuat slide presentasi. Kemampuan membuat slide presentasi pembelajaran menjadi penting mengingat kebutuhan akan keterampilan penyampaian informasi secara visual yang semakin dibutuhkan dan kurangnya kreativitas siswa dalam menciptakan slide presentasi yang menarik dalam proses pembelajaran. Ini sama seperti yang dikatakan dalam oleh Nur Isnaini et al., (2021) Untuk menyampaikan informasi secara tepat dan menarik, diperlukan kreativitas dalam membuat infografis, seperti menggunakan canva. Aplikasi ini memungkinkan siswa membuat slide presentasi yang menarik dengan mudah tanpa memerlukan keterampilan desain yang rumit. Oleh karena itu, canva dapat membantu siswa menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Ini sejalan juga dengan yang dikatakan oleh Daniati et al., (2023) Media pembelajaran sangat penting untuk proses pembelajaran yang efektif dan penyampaian materi yang efektif. Dengan aplikasi ini memungkinkan siswa membuat slide presentasi yang menarik dengan mudah tanpa memerlukan keterampilan desain yang rumit. Penggunaan canva dapat membantu siswa yang tidak memiliki keterampilan desain untuk membuat slide presentasi yang menarik, yang menghasilkan pembelajaran yang lebih menarik dan efektif.

Fitur-fitur yang ada pada  canva sangat mendukung kreativitas dan efektivitas siswa.   Hal ini disebabkan banyaknya template dan antar muka yang mudah dimengerti dan aplikasi ini juga bisa diakses pada berbagai device.  Ini sejalan dengan menurut Tanjung & Faiza (2019) Aplikasi ini dapat meningkatkan kemampuan dan kreativitas serta efektifitas guru dan siswa dalam membuat tampilan media belajar,  dengan adanya banyak fitur yang tersedia dan banyak desain menarik yang dapat dibuat tanpa menggunakan laptop. Jadi fitur-fitur canva memudahkan siswa dengan antarmuka intuitif dan desain menarik serta meningkatkan fokus. Canva mendorong partisipasi aktif dan kustomisasi materi sesuai kebutuhan individu, yang mendukung pembelajaran personal.Seperti template siap pakai yang menghemat waktu, integrasi teks, gambar, dan media lainnya membuat pembelajaran lebih efektif.

Canva menjadi solusi tepat  siswa untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui slide presentasi yang kreatif dan informatif, sekaligus membekali siswa dengan keterampilan masa depan yang dibutuhkan di dunia kerja. Dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis canva, kreativitas dan efektivitas siswa dalam membuat slide presentasi pembelajaran dapat ditingkatkan secara signifikan. Dampak positif dari pemanfaatan aplikasi ini tidak hanya terasa dalam lingkup pendidikan, tetapi juga berpotensi mempengaruhi keterampilan yang dibutuhkan siswa di masa depan, terutama dalam dunia kerja dan  untuk membuat siswa lebih siap dan kreatif untuk menghadapi tantangan di masa depan. Jadi ayo memanfaatkan Canva sebagai alat untuk mengasah kreatifitas kamu mulai saat ini.

Daniati, N., Novianti, Y., Mashuri, K., Al-Maksum Langkat, S., Utara, S., Pembelajaran, M., & Belajar, M. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas VII di SMP PAB 7 Tandem Hilir Keywords. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Lestari, N., & Wirasty, R. (2019). PEMANFAATAN MULTIMEDIA DALAM MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 349-353. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v3i2.289
Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Vol. 03).
Nur Isnaini, K., Sulistiyani, D. F., Ramadhany, Z., & Putri, K. (2021). PELATIHAN DESAIN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA. 5(1).
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, (Online), Vol.7 No.2, http://ejournal.unp.ac.id/index.php/ voteknika/article/view/104261

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun