Saat ini, trend budaya Korea Selatan telah dikenal banyak orang, contohnya di Indonesia. Budaya Korea Selatan yang paling banyak dikenal adalah musik bergenre pop, yang biasa disebut dengan Korean pop atau K-pop yang identik dengan boyband atau girlband. Banyak masyarakat Indonesia yang mengidolakan boyband dan girlband asal Korea Selatan.
Dengan adanya fenomena tersebut banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia yang bekerjasama dengan artis dari Korea Selatan, salah satunya adalah Allo Bank. Allo Bank adalah perusahaan Indonesia yang bekerja dibidang perbankan. Allo Bank menjadikan Baekhyun EXO sebagai Brand Ambassador untuk perusahaan nya. Diketahui bahwa Baekhyun adalah salah satu member dari boyband terkenal asal Korea Selatan yaitu EXO.
Pada awal November lalu Baekhyun EXO telah melaksanakan acara meet and greet yang bertajuk "Allo Bank Hangout : Untung Bareng Baekhyun". Acara ini digelar di Jakarta Internasional Velodrome.
Acara meet and greet tersebut sempat menjadi perdebatan di kalangan EXO-L karena sistem pembelian tiket yang rumit, namun pada akhirnya acara tersebut mendapatkan antusias yang besar dari EXO-L. Terlihat banyak EXO-L yang hadir dalam venue.
Pemanfaatan reputasi boyband atau girlband dari Korea Selatan di Indonesia adalah sebuah strategi pemasaran, hal ini menjadi sebuah kesempatan bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk bekerjasama dengan idol asal Korea Selatan yang dapat memberikan keuntungan yang luar biasa, salah satunya adalah menarik perhatian masyarakat, terutama pada kalangan fans K-pop terhadap produk yang di promosikan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H