Pengabdian Pada Masyarakat oleh Mahasiswa(PMM) Kelompok 91 Gelombang 6 telah mencapai program kerja yang terakhir.  Dalam dua hari berturut-turut (1-2/07/21) mereka melakukan sosialisasi tentang "Cara Mudah Memasarkan Produk Melalui Platform Online" dengan metode Door To Door. Seperti namanya, kegiatan ini dilakukan dengan  cara menemui pelaku UMKM jajanan tradisional di tempat tinggalnya yang berada di Kelurahan Pandaan.
Jika kalian memiliki kesempatan untuk berjalan-jalan di Kelurahan Pandaan, tak bisa dipungkiri bahwa sejauh mata memandang banyak berjejer penjual. Mulai dari penjual buah, sayur, elektronik, warung makan, hingga jajanan tradisonal. Â Penjual jajanan tradisional menempati presentase teratas dalam penjual terbanyak. Semakin banyak penjual dengan jenis yang sama, maka semakin besar juga persaingan yang ditimbulkan. Maka, kekreatifan penjual perlu diasah. Salah satunya adalah kekreatifan dalam hal pemasaran.Â
Berangkat dari permasalahan itu, maka PMM 91 UMM melakukan sosialisasi dengan tujuan agar penjual jajanan tradisional dapat memanfaatkan pemasaran melalui platform sosial media. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, total lebih dari 4 rumah penjual jajanan tradisional telah mereka datangi. Respon hangat dari penjual adalah hal pertama yang didapatkan oleh kelompok PMM 91 UMM. Mereka berdiskusi tentang pemasaran yang selama ini dijalani oleh penjual. Kemudian dengan penjelasan yang lugas serta sopan dari semua anggota kelompok, maka para penjual dengan terbuka dan senang hati menerima materi sosialisasi PMM 91 UMM.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H