Mohon tunggu...
Mirdayanti Amir
Mirdayanti Amir Mohon Tunggu... Guru - Mirdayanti

Seorang ibu, istri, guru dan kutu buku

Selanjutnya

Tutup

Money

PLN Di Sumbar Saat Ini Nyebelin Buangeet

30 Agustus 2013   11:03 Diperbarui: 24 Juni 2015   08:36 225
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Rasanya ingin bulan Ramadhan terus, selain semua ibadah ditingkatkan pahalanya, selama bulan Ramadhan listrik hidup teruuus. Mungkin takut juga mengganggu ibadah orang yang mau tarawih, sahur atau tadarusan. Selama lebaran empat hari saya tidak di rumah karena mudik. Tapi di kampungpun yang beda daerah tingkat dua dengan tempat tinggal saya, keadaannya sama, listrik byar pet.

Kemudian balik ke rumah lagi, saya menemukan listrik mati secara teratur selama 2 jam tiap hari. Waktunya tidak sama, kadang pagi, kadang siang kadang sore, tapi tidak pernah lewat magrib, tidak pernah Subuh. OK lah, kami bisa menerima, kami siap-siap memenuhkan tangki air, karena air dipompa dengan listrik, memenuhkan bak-bak di kamar mandi. Pokoknya siap-siap dengan segala hal yang memakai arus listrik.

Seminggu terakhir ini, PLN makin ngelunjak. Mati 3 x sehari..! Pagi, siang, malam, masing-masin selama 2 jam. Jadi seharian bisa enam jam,kadang lebih tanpa listrik. Berbagai status di FB yang mencaci maki PLN.

“ Kayak jadwal minum obat nih mati lampunya”

” Kalau rasanya ga mampu nyuplai listrik untuk masyarakat, pasang bendera putih aja !”

“Sempurna, udah hujan, mati lampu pula!”

Itu sih masih manis-manis bunyinya, yang memaki, mencaci,carut-marut juga banyaak. Dan hal itu merata di seluruh Sumatera Barat, plus Riau dan Jambi.

PLN, sebenarnya ada apa siiih?

Katanya debit air danau Singkarak dan danau Maninjau gak mencukupi untuk jadi sumber energi. Iyakah ? Kata yang lain, untuk Sumbar aja energinya gak cukup, dibagi pula ke propinsi tetangga. Benarkah ? Sebagai konsumen yang tidak pernah nunggak bayaran, yang memakai listrik seperlunya, yang penting mematikan yang tidak penting, pokoknya saya hemaat sekali dalam pemakaian listrik. Bahkan lampu ruang tamu cuma hidup kalau ada tamu, maka tentu saja saya mengharapkan pelayanan prima. Inginnya saat cape pulang banting tulang, di rumah ingin mandi lalu selonjoran sambil nonton TV sebentar. Kalau tidak ada acara TV yang menarik, mau internetan, membaca novel, main game, atau periksa PR anak. Semua itu jadi batal saat listrik mati. Tiap hari ngomel, kan nambah dosa.

Jadi, para kompasianer yang pegawai PLN, atau bahkan pejabat PLN, bisakah menjelaskan pada saya sebetulnya ada apa ? Bisakah menjanjikan pelayanan maksimal ? Please..Please..

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun