Â
SUKABUMI - Membuat sebuah usaha dan bisnis adalah hal yang lumrah untuk dilakukan dalam kehidupan masyarakat. Terdapat banyak pilihan usaha yang dapat dijalankan oleh seseorang. Salah satu bisnis yang mempunyai potensi besar saat ini adalah bisnis dalam usaha toko kelontong dan minimarket.
Â
Seiring berkembangnya zaman perusahaan ritel di Indonesia semakin banyak. Tumbuh pesatnya perusahaan ritel seperti minimarket di wilayah permukiman masyarakat mempunyai pengaruh positif dan negatif terhadap warung-warung kecil disekitarnya. Hadirnya minimarket juga berpengaruh terhadap persepsi masyarakat tentang menurunnya omset dan jumlah pelanggannya yang semakin berkurang.
Â
Di era yang modern seperti sekarang, membuat konsumen lebih rasional dalam memilih tempat yang nyaman untuk berbelanja. Jika dilihat dari segi harga, untuk minimarket memiliki harga lebih tinggi dibandingkan dengan toko kelontong, meskipun pada dasarnya minimarket dan toko kelontong memang memiliki target pasar yang berbeda.
Â
Minimarket dan toko kelontong dapat bersaing dalam suatu tempat yang sama karena pada dasarnya semua barang yang dijual di toko kelontong dapat ditemukan di minimarket seperti Alfamart maupun Indomart. Hal ini yang akan berpengaruh bagi keduanya. Pasalnya jarak antara minimarket dan toko kelontong yang saling berdekatan dapat memicu terjadinya persaingan mulai dari pendapatan hingga jumlah konsumen.
Â