Sudahkah kamu mencoba melakukan gamification pada kelas? Apakah kamu memasukkan Game Based Learning ke dalam pembelajaran?Â
Gamification atau bisa disebut dengan gamifikasi dan Game Based Learning (Pembelajaran berbasis permainan) telah menjadi kata kunci dalam dunia pendidikan, namun masih terdapat kebingungan mengenai apa yang dimaksud dengan gamifikasi dan apa yang bukan. Saya ingin memberitahukan terlebih dahulu bahwa keduanya berbeda.Â
Di dalam kelas, gamifikasi telah diintegrasikan dengan cara yang lebih autentik karena beberapa ruang kelas telah menjadi permainan yang hidup dan bernafas artinya pembelajaran yang menarik. Sistem gamifikasi seperti Wordwall menambahkan lapisan game di atas infrastruktur yang ada.Â
Siswa membuat dan memilih jawaban yang sesuai dengan pemikiran siswa, serta bermain sebagai bagian dari tim, dan mendapatkan poin pengalaman dan hadiah berdasarkan perilaku terkait kelas. Siswa diberi penghargaan karena membantu siswa lain, Â dan sebagainya. Demikian pula siswa dapat menerima konsekuensi atas perilaku yang tidak sesuai dengan lingkungan belajar yang diinginkan.Â
Berbeda dengan gamifikasi, pembelajaran berbasis permainan berkaitan dengan penggunaan permainan untuk meningkatkan pengalaman belajar.Â
Sebagai penutup, saya ingin memberikan salah satu contoh komplek dari perbedaan gamifikasi dan pembelajaran berbasis permainan yaitu menerapkan mekanisme permainan ke lingkungan belajar untuk mendorong perilaku sedangkan pembelajaran berbasis permainan nilai pembelajaran datang dari permainan. Sehingga dari kedua hal perbedaan mendasar tersebut, cukup mudah untuk dipahami. Pada intinya gamifikasi untuk memunculkan prilaku dan pembelajaran berbasis permainan menimbukan pengalaman belajar yang bervariatif.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H