Mohon tunggu...
Juwanda Prayuda
Juwanda Prayuda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis Buku, Freelance, Mahasiswa PPG Prajab Gelombang 2 Tahun 2023, Bisnis

Begitu banyak hal yang terjadi....Seperti hari kemarin yang terhampiri dan hari esok yang masih misteri.... Semua berlalu dalam waktu yang sudah ada dan sudah tentu menggambarkan perjalanan dan sebuah tujuan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perbedaan yang Mendasar dari Gamifikasi dan Pembelajaran Berbasis Permainan

9 Januari 2024   10:38 Diperbarui: 9 Januari 2024   10:58 322
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sudahkah kamu mencoba melakukan gamification pada kelas? Apakah kamu memasukkan Game Based Learning ke dalam pembelajaran? 

Gamification atau bisa disebut dengan gamifikasi dan Game Based Learning (Pembelajaran berbasis permainan) telah menjadi kata kunci dalam dunia pendidikan, namun masih terdapat kebingungan mengenai apa yang dimaksud dengan gamifikasi dan apa yang bukan. Saya ingin memberitahukan terlebih dahulu bahwa keduanya berbeda. 

Di dalam kelas, gamifikasi telah diintegrasikan dengan cara yang lebih autentik karena beberapa ruang kelas telah menjadi permainan yang hidup dan bernafas artinya pembelajaran yang menarik. Sistem gamifikasi seperti Wordwall menambahkan lapisan game di atas infrastruktur yang ada. 

Siswa membuat dan memilih jawaban yang sesuai dengan pemikiran siswa, serta bermain sebagai bagian dari tim, dan mendapatkan poin pengalaman dan hadiah berdasarkan perilaku terkait kelas. Siswa diberi penghargaan karena membantu siswa lain,  dan sebagainya. Demikian pula siswa dapat menerima konsekuensi atas perilaku yang tidak sesuai dengan lingkungan belajar yang diinginkan. 

Berbeda dengan gamifikasi, pembelajaran berbasis permainan berkaitan dengan penggunaan permainan untuk meningkatkan pengalaman belajar. 

Sebagai penutup, saya ingin memberikan salah satu contoh komplek dari perbedaan gamifikasi dan pembelajaran berbasis permainan yaitu menerapkan mekanisme permainan ke lingkungan belajar untuk mendorong perilaku sedangkan pembelajaran berbasis permainan nilai pembelajaran datang dari permainan. Sehingga dari kedua hal perbedaan mendasar tersebut, cukup mudah untuk dipahami. Pada intinya gamifikasi untuk memunculkan prilaku dan pembelajaran berbasis permainan menimbukan pengalaman belajar yang bervariatif.

Sumber: Penulis
Sumber: Penulis

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun