Mohon tunggu...
JUSTIN DJAYADI
JUSTIN DJAYADI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang Mahasiswa yang sedang membuat artikel

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi

28 Oktober 2022   14:16 Diperbarui: 28 Oktober 2022   14:27 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebelumnya perkenalkan saya ingin menceritakan pengalaman saya ketika sedang mengikuti Geladi Hominisasi 5 pada tanggal 23 Oktober yang diselenggarakan oleh Universitas Katolik Parahyangan secara online. Pertama- tama diberikan tugas untuk sebelum kegiatan Geladi Hominisasi saya mengerjakan tugas pra geladi dimana tugas pra geladi tersebut adalah mendengarkan lagu Indonesia Raya 3 stanza, lalu setelah mendengar saya ditugaskan untuk menentukan lirik yang menurut saya menarik beserta alasannya. Tugas pra geladi kedua saya diminta untuk memilih satu dari film dokumenter yang disediakan oleh panitia Geladi tersebut untuk ditonton, dan saya diberikan tugas untuk menjelaskan film tersebut, mengapa memilih film tersebut untuk direfleksikan dalam kondisi yang tenang. Saya mengerjakan film dokumenter mengenai kue tradisional. Film dokumenter ini berisi hasil penelitian tentang kue tradisional yang semakin terpuruk di Indonesia.

Saat hari acara Geladi Hominisasi dimulai saya diminta untuk join ZOOM tepat waktu dengan berpakaian rapih dan sopan dan mengikuti semua aturan yang sudah diberitahukan. Sebelum acara Geladi Hominisasi dimulai ada sesi pembukaan dan sesi doa, setelah kedua sesi tersebut selesai acara Geladi Hominisasi resmi dimulai. Dimulai dengan adanya pemaparan materi tentang apa itu Geladi Hominisasi dan juga penjelasan tentang sejarah Universitas Katolik Parahyangan itu sendiri. Selanjutnya saya beserta peserta lain diarahkan untuk masuk ke breakout room berdasarkan kelompok yang sudah ditentukan dan diberitahukan melalui email kami. Kami ditugaskan untuk membuat sebuah presentasi kelompok secara singkat yang nantinya akan dipresentasikan di depan dosen-dosen yang membawa acara Geladi Hominisasi pada hari itu. Kami diberi waktu untuk berdiskusi dan mempersiapkan presentasi agar kami dapat membawakan presentasi sebaik mungkin. Diberikan waktu diskusi kurang lebih 1 jam, setelah waktu diskusi habis keempat belas kelompok diminta untuk presentasi lalu pembawa acara dari Geladi tersebut membagi menjadi 3 breakout room yang kemudian kelompok terbaik di setiap breakout room akan presentasi kembali di main room, kita akan memilih sendiri kembali kelompok mana yang layak sebagai juara umum secara adil melalui vote. Setelah penentuan juara selesai acara ditutup dengan pembacaan doa dan kata kata penutup dari panitia.
Geladi Hominisasi membuat saya belajar bagaimana cara berbicara di depan banyak orang selain itu kita juga diajarkan bagaimana cara dapat berkerja sama bersama orang- orang yang baru saja dikenal dengan cepat, selain itu kita juga diajarkan untuk berpikir kreatif agar kita menjadi salah satu sosok berbeda dari sekian banyak orang tersebut. Geladi Hominisasi juga membantu melatih saya untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain. Geladi Hominisasi ini akan sangat bermanfaat untuk kehidupan kita sendiri baik di dalam kampus maupun di luar kampus. Menurut saya setelah mengikuti Geladi Hominisasi ini kemampuan menggunakan logika dan bahasa sangat diperlukan, kita memerlukan logika berpikir yang kritis dalam menghadapi masalah yang terjadi secara tiba- tiba dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dalam berbicara dengan orang banyak. Cara saya meningkatkan kemampuan berpikir dan berbahasa dengan cara mengikuti acara- acara serupa seperti geladi ini dan juga dapat melatih diri di dalam kampus maupun luar kampus. Terima kasih untuk Geladi Hominisasi yang sudah memberikan pengalaman yang baik bagi saya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun