Implementasi Kurikulum Merdeka di daerah pedalaman memang memiliki tantangan tersendiri, namun juga menyimpan potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sana. Berikut beberapa poin penting yang perlu diperhatikan:
1. Tantangan
* Keterbatasan Akses:
Daerah pedalaman seringkali memiliki keterbatasan akses internet, listrik, dan infrastruktur komunikasi. Hal ini dapat menghambat akses terhadap sumber belajar digital dan pelatihan guru.
* Keterbatasan Sumber Daya:
Sekolah di daerah pedalaman seringkali kekurangan guru, buku teks, alat peraga, dan fasilitas belajar lainnya.
* Kesenjangan Kompetensi Guru:
Guru di daerah pedalaman mungkin memiliki kompetensi yang berbeda-beda, dan perlu mendapatkan pelatihan dan pendampingan yang memadai untuk menerapkan Kurikulum Merdeka.
* Budaya dan Kebiasaan Lokal:
Kurikulum Merdeka perlu disesuaikan dengan budaya dan kebiasaan lokal agar dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.