Pada era digital ini, integrasi teknologi dalam pendidikan menjadi kunci untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan menarik. Salah satu inisiatif yang diambil oleh mahasiswa Universitas Pamulang adalah melakukan sosialisasi penggunaan aplikasi Canva untuk siswa SMP YP. Bank Dagang Negara. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kreatif dan teknologi siswa melalui penggunaan aplikasi desain grafis yang user-friendly.
Latar Belakang
Pendidikan di Indonesia sedang mengalami transformasi besar dengan cepatnya perkembangan teknologi. SMP YP. Bank Dagang Negara berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui teknologi. Namun, seperti banyak sekolah lainnya, terdapat tantangan dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam kurikulum sehari-hari.
Tujuan Kegiatan
Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk:
- Mengintegrasikan Teknologi dalam Pembelajaran: Meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penggunaan aplikasi Canva.
- Meningkatkan Keterampilan Teknologi: Membantu siswa dan guru memahami dan menggunakan alat teknologi pendidikan.
- Meningkatkan Motivasi Siswa: Menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan menarik untuk meningkatkan keterlibatan siswa.
Metode Pelaksanaan
Kegiatan ini dilaksanakan melalui beberapa tahap:
- Persiapan dan Perizinan: Mahasiswa menyiapkan proposal dan surat izin yang kemudian diserahkan kepada pihak sekolah.
- Pengembangan Materi: Menyusun materi sosialisasi dan mempersiapkan alat-alat yang diperlukan seperti komputer dan proyektor.
- Pelaksanaan Sosialisasi: Menyampaikan materi kepada siswa, diikuti dengan sesi tanya jawab dan praktek langsung menggunakan aplikasi Canva.
- Monitoring dan Evaluasi: Melakukan pemantauan selama kegiatan berlangsung dan evaluasi akhir untuk menilai efektivitas sosialisasi.
Pelaksana Kegiatan
Kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Pamulang dari Program Studi Teknik Informatika:
- Abdullah (Ketua Pelaksana)
- Rian Dede Irawan
- M. Irfan Ramadhan
- Kurniawan Putra Adit. Y
- Muhhamad Tristianto
- Putra Johan Pramesta
- Fahmi Tri Hapsoro
- Zuhal
- Yudhistira Abdi Saputra
Lokasi dan Waktu Pelaksanaan
- Lokasi: SMP YP. Bank Dagang Negara, Jl. Komp. Bank Mandiri Wijaya Kusuma, Kec. Grogol, Petamburan, Kota Jakarta Barat, Prov. DKI Jakarta.
- Tanggal: Rabu, 8 Mei 2024
Manfaat Kegiatan
Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi siswa dan guru di SMP YP. Bank Dagang Negara, seperti:
- Meningkatkan Keterampilan Kreatif: Siswa dapat menggunakan aplikasi Canva untuk membuat karya kreatif yang mendukung pembelajaran mereka.
- Memperkenalkan Teknologi Pendidikan: Guru dan siswa menjadi lebih familiar dengan teknologi yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran.
- Meningkatkan Partisipasi Siswa: Kegiatan yang interaktif dan menarik diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar.