Komunikasi yang baik salah satu cara paling ampuh dalam menyelesaikan suatu masalah dengan orang lain. Sering terjadi masalah dalam kehidupan sehari – hari dengan orang lain baik masalah pekerjaan atau yang lain. Hal tersebut merupakan suatu hal yang wajar karena sebagai manusia kita adalah makhluk sosial yang harus bergaul dengan orang lain.Â
Di samping itu juga orang – orang yang kita hadapi memiliki karakter yang berbeda – beda antara yang satu dengan yang lain. Ada yang mudah tersinggung, mudah marah, mudah jengkel, mudah cemburu, mudah iri dan bermacam – macam karakter manusia tersebut. Dengan karakter yang bermacam – macam itu membuat uniknya kehidupan di lingkungan masyarakat.
Terlebih khusus dalam kehidupan di lingkungan kerja, banyak masalah yang terjadi dalam aktivitas di kantor. Hal tersebut terjadi karena kadang ada kecemburuan antara karyawan satu dengan lainnya dalam hal jabatan dan penghasilan. Pada umumnya banyak karyawan ingin mendapatkan jabatan dan penghasilan yang tinggi tanpa banyak bekerja.Â
Demikian juga antara karyawan yang satu dengan lainnya ingin memiliki beban kerja yang sama dan penghasilan yang sama dan bila ada perbedaan beban kerja dan penghasilan sama, maka akan terjadi kecemburuan di antara karyawan.
Itulah sifat manusia yang selalu menginginkan sesuatu tanpa banyak bekerja dan hanya mementingkan kesenangannya tanpa melihat perasaan orang lain atau rekan kerjanya. Tetapi walaupun demikian masih ada orang yang mau bekerja tanpa memperhitungkan imbalan jasa yang besar atau selalu memperhitungkan setiap pekerjaan yang dilakukan dengan imbalan jasa yang sesuai dengan pekerjaannya.Â
Biasanya orang – orang yang demikian akan mudah mendapatkan jabatan yang lebih tinggi. Dengan jabatan yang lebih tinggi, maka secara otomatis akan meningkatkan penghasilan.
Adanya rasa cemburu atau iri adalah sesuatu hal yang sering terjadi dalam kehidupan di lingkungan pekerjaan atau sosial masyarakat. Tetapi semua itu bisa diselesaikan dengan mudah hanya dengan cara komunikasi dan pendekatan yang baik dengan orang lain yang menurut kita kurang senang terhadap kita atau kita sebagai mediator yang mencoba menyelesaikan masalah orang lain.Â
Dibutuhkan komunikasi yang baik dengan mengikuti alur berpikir dia terlebih dahulu. Setelah kita mengetahui alur berpikirnya, maka waktunya kita memberikan masukan atau saran yang bisa mengubah pola pikir dia yang salah. Bila kita sudah bisa memberikan pandangan yang baik dan netral, maka orang tersebut akan bisa menerima apa yang kita sampaikan kepadanya. Sehingga dengan demikian, maka masalah yang dihadapi akan bisa terselesaikan dengan baik tanpa merugikan pihak manapun.
Jadi, menurut saya biasanya terjadi masalah dalam dunia pekerjaan atau lingkungan masyarakat antara kita dengan orang lain atau orang lain dengan orang lain semua itu terjadi karena ada kesalahan dalam komunikasi. Sehingga terjadi rasa marah, jengkel, cemburu dan iri hati.Â
Tetapi bila semua ini dikomunikasikan dengan pikiran yang dingin dan hati tenang, maka masalah tersebut akan terselesaikan dengan baik tanpa ada yang diuntungkan atau dirugikan. Artinya semua menang sehingga bisa terjalin lagi komunikasi dan persahabatan kembali.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H