Mohon tunggu...
Junita Junita
Junita Junita Mohon Tunggu... Administrasi - Sebagai mahasiswa IAIN Kendari

Mahasiswa manajemen bisnis syari'ah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Pemasaran Jasa dan Produk

24 Maret 2024   20:15 Diperbarui: 25 Maret 2024   09:13 55
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

1. Pemasaran produk lebih berfokus pada atribut fisik dan fungsional produk, sementara pemasaran jasa cenderung lebih menekankan pada pengalaman pelanggan, interaksi manusia, dan kepercayaan. 

Meskipun demikian, kedua jenis pemasaran membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang target pasar, nilai yang ditawarkan, dan komunikasi yang efektif. Meskipun ada beberapa kesamaan dalam prinsip-prinsip dasar pemasaran jasa dan produk, strategi pemasaran keduanya biasanya berbeda. 

2. Hubungan antara bauran pemasaran dan strategi pemasaran perusahaan adalah bahwa bauran pemasaran merupakan komponen yang digunakan dalam merancang strategi pemasaran. 

Strategi pemasaran perusahaan akan mempertimbangkan bagaimana mengatur dan mengintegrasikan elemen-elemen bauran pemasaran agar sesuai dengan tujuan bisnis, kebutuhan pelanggan, dan kondisi pasar. Dengan kata lain, bauran pemasaran menjadi alat yang digunakan dalam implementasi strategi pemasaran perusahaan. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun