Mohon tunggu...
Juniffer Cristin
Juniffer Cristin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Hallo :) Selamat Membaca

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Belajar Menjadi Admin Sosial Media dari Akun Twitter @tokomenantea Milik Jerome Polin

1 Desember 2021   13:41 Diperbarui: 1 Desember 2021   13:59 1714
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(source: arrest.web.id)

Menantea adalah brand waralaba minuman khususnya teh buah dan makanan cepat saji yang didirikan pada tahun 2020 oleh kakak beradik influencer yitu Jerome Polin Sijabat dan Jehian Sijabat. Menantea memiliki signature dish yaitu minuman teh dengan rasa buah-buahan dengan nama menu yang unik yang masih berhubungan dengan pelajaran matematika. 

Hal ini disebabkan oleh salah satu pendirinya yaitu Jerome Polin adalah seorang youtuber yang terkenal akan konten edukasinya di bidang matematika, karena dirinya merupakan mahasiswa penerima beasiswa di Jepang, dengan program studi Matematika. Beberapa contoh menu dari toko menantea adalah MatemaTEAka, yaitu minuman green tea yang dipadukan dengan buah-buahan segar, juga InTEAgral, yaitu minuman milk tea dengan honey boba. Selain itu nama-nama menu lainnya juga merupakan nama menu yang unik.

Akun official social media menantea terdapat pada twitter dengan username @/tokomenantea. Walaupun menantea cukup aktif di sosial media lainnya, saya akan menganalisis kegiatan admin yang ada di official akun twitter menantea karena saya melihat akun ini sangat aktif dan juga interaktif. Akun twitter menantea ini memiliki dua admin yang sangat terkenal dikalangan konsumen mereka, yaitu mintea1 dan mintea2, yang menjadi admin dari akun sosial media mereka adalah si pemiliknya sendiri yaitu Jerome dan Jehian. 

Menurut saya kedua admin ini sudah melaksanakan pekerjaannya sebagai admin dengan sangat baik, dilihat dari beberapa aspek yang penting dimiliki oleh admin sosial media.

  1. Interaktif, mereka sangat interaktif dengan semua pelanggan mereka, bukan hanya pelanggan namun juga pengguna sosial media lainnya. Admin menantea sering membalas tweet orang-orang yang menyebut brand mereka, walaupun orang tersebut tidak menandai akun mereka. Contohnya seperti ada tweet yang bertanya "apakah worth it untuk membeli menantea?" Lalu akan dibalas oleh admin bahwa sangat worth it. Hal ini juga masuk kedalam strategi marketing mereka, dengan begitu semakin banyak orang yang tertarik untuk mencoba produk mereka. Admin menantea juga sering membalas tweet orang lain dengan interaktif sehingga membangun hubungan yang baik dengan konsumen dan para pengguna sosial media lainnya.

  2. Posting konten, sudah jelas admin bertugas untuk memposting konten-konten yang berkaitan dengan brand mereka. Secara berkala akun official menantea juga sering memposting konten mengenai brand mereka, seperti misalnya apa saja menu-menu dari menante, atau apa saja promo yang ada hari itu. Dengan begitu orang-orang bisa mengetahui informasi tentang toko mereka secara cepat dan tepat. Konten yang dipost juga harus sesuai dengan minat para khalayak.

  3. Menjadwalkan konten, berhubungan dengan point sebelumnya, dalam memposting sebuah konten tentu tidak bisa seenaknya saja, memposting konten-konten tertentu perlu memikirkan waktu yang tepat juga, misalnya pada waktu orang lagi ingin ngemil, atau waktu saat banyak yang menggunakan sosial media. Pada akun official menanti juga mereka terlihat memposting info seputar produk mereka di jam tertentu yaitu sekitar jam 11.00 - 13.00 siang. Karena menantea merupakan minuman teh yang menyegarkan, jam seperti ini adalah jam yang sesuai untuk seseorang meminginkan minuman yang segar, sehingga akan cenderung memiliki keingan untuk membeli.

  4. Desain konten menarik, admin juga bertugas untuk bisa membuat atau mengedit konten yang akan mereka post sehingga menarik perhatian pengguna sosial media, dan bisa menjadi ciri dari brand mereka. Selain itu juga diperlukan untuk membuat caption atau kata-kata yang menarik dan interaktif. Menantea telah melakukan hal tersebut, karena walaupun postingan kontennya informasi mengenai brand, mereka tetap menggunakan bahasa yang mudah dipahami, interaktif, dan juga kekinian.

  5. Harus mengikuti tren, salah satu keharusan bagi seluruh admin sosial media, sosial media ini merupakan tempat pertukaran informasi dengan alur yang sangat cepat, apapun yang menjadi pembicaraan di sosial media itu bisa terus berganti, bahkan dalam hitungan jam saja, makanya admin sosial media harus bisa terus up to date biar tidak ketinggalan info yang terjadi di sosial media. Pada akun menante, terlihat bahwa admin sudah mengikuti tren karena mereka sering menggunakan slang-slang masa kini, juga sering mengaitkan kontennya dengan tren yang sedang terjadi. Hal ini membuat akun sosial media menantea tidak terlihat kaku dan juga friendly sesuai dengan segmentasi pasarnya yaitu para muda mudi yang suka menggunakan sosial media.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun