Mohon tunggu...
JUNAIDIN
JUNAIDIN Mohon Tunggu... Sales - Marketing & Engineer

Halo, saya Junaidin, seorang profesional dengan latar belakang dalam bidang teknik. Sebagai seorang engineer, saya memiliki kecenderungan untuk memecahkan masalah secara sistematis dan menciptakan solusi yang efisien. Dalam karir saya, saya telah belajar untuk menggabungkan keahlian teknis dengan wawasan pemasaran yang kuat. Dalam pekerjaan pemasaran saya, saya menggunakan pendekatan yang didorong data dan analisis yang saya pelajari sebagai seorang insinyur. Saya menyukai tantangan yang melibatkan penyesuaian produk atau layanan dengan kebutuhan pasar, dan saya menemukan kepuasan dalam menemukan solusi kreatif untuk masalah-masalah ini. Selain itu, saya juga memiliki minat yang kuat dalam teknologi baru dan inovasi. Saya senang mempelajari perkembangan terbaru dalam dunia teknik dan berpartisipasi dalam proyek-proyek yang melibatkan pengembangan dan implementasi teknologi baru. Di luar pekerjaan, saya menikmati berbagai hobi seperti memperbaiki perangkat elektronik, merakit model-model teknis, dan belajar tentang konsep-konsep teknis yang baru. Saya juga suka berpartisipasi dalam kegiatan luar ruangan seperti mendaki gunung atau berkemah, yang memberi saya kesempatan untuk bersantai dan merefleksikan kembali ide-ide kreatif. Kepribadian saya dapat dijelaskan sebagai orang yang analitis, penuh semangat, dan gigih. Saya memiliki kemampuan untuk mengatasi tantangan kompleks dan bekerja dengan tim secara efektif untuk mencapai tujuan bersama. Saya percaya bahwa kombinasi antara kecakapan teknis dan keterampilan pemasaran merupakan kekuatan yang kuat dalam lingkungan bisnis yang kompetitif saat ini.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Sistem Proteksi Kebakaran: Panduan Lengkap

24 Juni 2024   05:00 Diperbarui: 24 Juni 2024   05:26 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Halo, teman-teman! Selamat datang di artikel yang akan membahas secara lengkap mengenai sistem proteksi kebakaran. Artikel ini akan membantu kalian memahami dasar-dasar rencana, spesifikasi, dan simbol standar yang digunakan dalam sistem proteksi kebakaran. Dalam bahasa yang lebih sederhana, kita akan mengupas bagaimana sistem proteksi kebakaran dirancang dan diimplementasikan, serta komponen-komponen apa saja yang terlibat.

Pengenalan Sistem Proteksi Kebakaran

Sistem proteksi kebakaran adalah serangkaian alat dan prosedur yang dirancang untuk mencegah, mendeteksi, dan memadamkan kebakaran. Tujuan utama dari sistem ini adalah untuk melindungi nyawa manusia, properti, dan lingkungan dari kerusakan akibat kebakaran. Sistem proteksi kebakaran dibagi menjadi dua kategori utama: sistem aktif dan sistem pasif.

Sistem Aktif

Sistem aktif mencakup alat dan teknologi yang secara langsung terlibat dalam mendeteksi dan memadamkan kebakaran, seperti sprinkler, alat pemadam api, dan sistem deteksi asap.

Sistem Pasif

Sistem pasif, di sisi lain, mencakup desain dan material bangunan yang bertujuan untuk memperlambat penyebaran api dan menyediakan jalur evakuasi yang aman. Contohnya adalah dinding tahan api dan pintu darurat.

Rencana dan Spesifikasi Dasar

Setiap proyek konstruksi yang melibatkan sistem proteksi kebakaran harus dimulai dengan rencana dan spesifikasi yang jelas. Rencana ini mencakup semua detail yang diperlukan untuk memastikan bahwa sistem proteksi kebakaran dapat berfungsi dengan baik dan memenuhi standar keselamatan yang berlaku.

Master Format

Master Format adalah sistem pengelompokan yang digunakan dalam industri konstruksi untuk mengatur spesifikasi proyek. Setelah tahun 2004, Master Format diperluas menjadi 50 Divisi Konstruksi, yang mencakup segala sesuatu mulai dari konstruksi situs hingga perlindungan kebakaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun