NAMA: JUMARI, S.S
CGP ANGKATAN 10
SMP NEGERI 1 SEBATIK BARAT
PENGAJAR PRAKTEK: AMIRULLAH
FASILITATOR: HETINIAH
Assalamu alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Perkenalkan Saya Jumari, S. S CGP angkatan 10 Tahun 2024 dari SMP Negeri 1 Sebatik Barat Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara
Jurnal dwi mingguan ini  merupakan jurnal kesepuluh yang saya tulis untuk  mencatat hasil proses belajar yang saya alami selama dua minggu mempelajari modul 3.3  Pengelolaan Program Yang Berdampak Pada Murid, pada Program Pendidikan Guru Penggerak.
Pada penulisan jurnal ini saya menggunakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway, yang mencakup: 1). Fact, 2). Feeling, 3). Findings, dan 4). Future (4F). Yang diterjemahkan menjadi 4P (1. Peristiwa, 2. Perasaan, 3. Pembelajaran, dan 4. Penerapan). Agar lebih mudah dipahami, model 4P ini diubah menjadi pertanyaan-pertanyaan berikut :
 1) Apa yang saya alami ? ( Peristiwa );
 2) Apa yang saya rasakan  ? (Perasaan,);
 3) Apa yang saya dapatkan? (Pembelajaran); dan
 4) Apa yang akan saya lakukan? ) (Penerapan)
Berikut ini hasil refleksi saya selama mengikuti pembelajaran 3.2 Â Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya.
1.Fact ( Peristiwa)
Apa yang saya alami ?
Seperti pada 9  Modul  sebelumnya  pada saat mempelajari modul 3.3  Pengelolaan Program Yang Berdampak Pada Murid tetap menggunakan alur M-E-R-D-E-K-A dengan kegiatan sebagai berikut :
*M : Mulai dari diri & Eksplorasi konsep- Mandiri
*E: Eksplorasi konsep- Forum diskusi
*R: Ruang Kolaborasi Â
*D: Demontrasi Kontektual
*E: Elaborasi Pemahaman
*K: Koneksi Antar Materi
M: Â Mulai dari diri, Eksplorasi konsep-Mandiri
Tanggal 26 Agustus 2024 saya memulai mempelajari modul 3.3  Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya di LMS  dengan  Mulai dari diri & Eksplorasi konsep Mandiri , saya belajar secara mandiri di LMS ,  dengan melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar di masa lalu untuk  menyimpulkan apa yang dimaksud dengan  program yang berdampak pada murid.  Melakukan refleksi terhadap pengalaman yang paling berkesan saat terlibat dalam berbagai program/kegiatan sekolah semasa menjadi murid. Refleksi dapat dilakukan dengan menjawab 7 pertanyaanYang dijawab langsung di LMS.
E: Eksplorasi konsep- Mandiri- Forum diskusi.
Eksplorasi konsep- Mandiri  dan Eksplorasi konsep- Forum diskusi  tanggal 27 -- 29 Agustus 2024. Pada eksplorasi konsep  secara mandiri belajar, berdikusi dan  berefleksi, untuk  mengkonstruksi pemahaman mereka tentang:
*kepemimpinan murid (students agency) dan kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila.
*suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership) murid dalam konsep kepemimpinan murid.
*lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid.
*pentingnya melibatkan komunitas untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid.
R: Ruang Kolaborasi Â
Ruang kolaborasi  sesi diskusi  dilaksanakan tanggal Jumat  30 Agustus 2024,  kami  tergabung pada kelas 10.1 mendapat giliran  vicom jam 14.00- 16.15,  bersama ibu Fasilitator hebat kami Ibu Hetiniah,  dan Pengajar Praktek Bapak Amirullah.  Bersama anggota  kelompok  berkolaborasi merancang  gambaran umum sebuah  program/kegiatan sekolah yang mempromosikan suara, pilihan, kepemilikan murid. Bersama  Ibu Sukma, Ibu Ayuqnita Bakri dan Ibu Syahriana kami berkolaborasi dengan menggunakan Canva  merancang  program sekolah Friday English Zone ( FrEnZ)