Era Digital merupakan inovasi yang maju, internet maupun sosial media sudah menjadi bagian utama dari kehidupan kebanyakan orang di seluruh dunia. Platform sosial media terkenal seperti Facebook, Instagram, Twitter serta LinkedIn dijadikan tempat untuk berinteraksi antar individu, tempat berbagi cerita keseharian individu, serta menghubungkan satu individu dengan yang lainnya. Sosial media juga sudah membuka peluang besar bagi pebisnis-pebisnis yang ingin memperluas jangkauan pasar mereka serta dapat juga membantu bisnis untuk membangun brand awareness mereka.
Brand Awareness merupakan tingkat pengenalan serta pemahaman konsumen terhadap suatu merek atau bisnis. Suatu merek akan memiliki peluang lebih untuk menarik calon konsumen dan dapat juga meningkatkan penjualan. Sosial media dalam hal ini memainkan peran utama dalam membantu pebisnis untuk meningkatkan Brand Awareness mereka. Ada beberapa cara untuk mengenalkan lebih luas lagi merek ataupun bisnis online kamu, yaitu:
1. Memperbanyak Sisi Visual serta Story Telling
Sosial media menyediakan fasilitas untuk berbagi konten-konten visual menarik yang dapat membantu pebisnis atau merk untuk menceritakan atau mengenalkan identitas merek mereka serta cerita-cerita dibaliknya. Biasanya konten seperti gambar, video dan infografis ini dapat menarik perhatian audiens lebih cepat serta dapat meningkatkan koneksi emosional, dikarenakan audiens biasanya lebih merasa terhubung dengan merek ketika mengetahui tentang cerita dibalik terbentuknya merek tersebut, dan hal ini juga dapat membuat audiens lebih mengingat merek atau bisnis kita, sehingga membuat kita berbeda dari brand lain.
2. Mengajak Audiens untuk berinteraksi dengan Brand
Sosial media menyediakan fasilitas bagiaudiens untuk berinteraksi langsung dengan brand. Dengan cara membalas komentar, memberi likes, serta berbagi berbagai jenis konten juga dapat memberikan pengalaman positif bagi audiens. Audiens akan lebih mengingat brand yang pernah menanggapi atau menjawab pertanyaan dari mereka. Dikarenakan interaksi-interaksi seperti ini yang dapat meningkatkan keterlibatan dan dapat menyebabkan lebih banyak orang berbicara tentang merek, membantu penyebaran pesan secara organik.
3. Memanfaatkan Konten Viral
Konten Viral merupakan salah satu jalur cepat untuk memperkenalkan brand kita kepada audiens. Dengan menciptakan konten yang menarik, unik dan kreatif saja konten dapat menyebar sampai ke berbagai platform sosial media. Konten dapat mencapai ribuan bahkan jutaan orang dalam jangka waktu tertentu. Ketika brand dapat memviralkan konten yang dibuat, maka brand awareness akan melesat dengan cepat.
4. Target Audiens yang Tepat
Sosial media dapat memungkan brand untuk menargetkan konten mereka kepada audiens yang relevan dan tepat. Dengan menganalisa, mengidentifikasi serta menjangkau audiens dengan potensi yang te
Sosial media menyediakan berbagai alat targeting yang canggih, memungkinkan brand untuk mengarahkan konten mereka kepada audiens yang relevan. Dengan mengidentifikasi dan menjangkau konsumen potensial yang tepat, brand awareness dapat meningkat dengan efisien karena pesan akan sampai kepada orang-orang yang paling mungkin tertarik dengan produk atau layanan yang ditawarkan.
5. Analisis Data dan Kinerja:
Sosial media marketing juga menyediakan analisis dan statistik yang mendalam tentang kinerja kampanye. Dengan menganalisis data ini, perusahaan dapat memahami bagaimana audiens merespons konten mereka dan mengukur sejauh mana brand awareness telah meningkat dari waktu ke waktu. Informasi ini penting untuk terus memperbaiki strategi dan mencapai hasil yang lebih baik.