Teringat pada konsep dasar sebuah antrian yang diajarkan oleh berbagai teori untuk mempercepat sebuah persoalan di dalam sebuah titik atau terminal
Kita mengenal model antrian di mana di situ ada waktu tunggu ada panjang antrian ada penyelesaian progres dan lain sebagainya
Secara teoritis tentu saja kita melihat program antrian itu banyak diulas oleh berbagai ilmu dan metode pengembangan untuk mencegah antrian terlalu banyak
Panjangnya antrian menyebabkan suatu manajemen dianggap kurang handal dalam menangani sebuah proses antrian tersebut
Sehingga kita bisa lihat bahwa bila antrian itu terlalu panjang kita bisa tahu bahwa model manajemen mereka adalah model manajemen yang kurang baik di mana perusahaan tidak dapat mengendalikan sebuah mode antrian dan menyebabkan ketidaknyamanan
Model ketidaknyamanan inilah yang akan dinilai menjadi sebuah perusahaan mendapatkan nilai apresiasi yang kurang baik dari customernya
Sehingga pada dunia modern sekarang ini memecah antrian salah satu teknologi yang harus diperoleh oleh sebuah perusahaan
Seperti contohnya bagaimana teknologi-teknologi yang sekarang mengembangkan pola sebetulnya memecah antrian dengan menggunakan berbagai aplikasi yang dapat melakukan sebuah transaksi dengan Sebagai contoh teror pada sebuah bank yang merupakan tempat kita melakukan sebuah transaksi pada zamannya
Transaksi tersebut kita harus bertemu dengan sebuah operator teller dan kemudian melakukan sebuah transaksi entah itu transfer penyimpanan uang dan lain sebagainya
Tapi sekarang untuk memecahkan antrian tersebut teller digantikan oleh sebuah mesin ATM yang dapat melakukan seluruh tugas-tugas teller secara keseluruhan
Tujuan adalah modal ini dapat dipakai oleh para customernya untuk mendapatkan kenyamanan di mana dengan banyaknya telor ATM tersebut antrian pada teller di pusat atau di fisik akan semakin berkurang
Selanjutnya adalah penggunaan mesin dan teknologi menyebabkan orang tidak perlu takut dengan jam buka atau tutup sebuah teller dalam sebuah perbankan
Mesin ATM memiliki kapasitas 24 jam dengan sistem pelayanan yang sudah ditentukan oleh perbankan masing-masing
Ketersediaan untuk uang yang disediakan dalam teller tersebut ini adalah manajemen dari pola penyebaran uang yang dikembangkan oleh mesin-mesin ATM tersebut
Mesin ATM akan memberikan laporan tersendiri kepada pihak manajemen untuk mengisi uangnya karena ada laporan dalam sebuah mesin ATM bila sudah mengalami kekurangan uang di dalam mesin tersebut
Model mesin ATM sekarang sudah begitu canggih sehingga dapat melakukan sebuah transaksi dengan baik seperti model penyimpanan yang dahulu hanya bisa dilakukan di teller sekarang sudah dapat dilakukan oleh mesin ATM dengan sistem pembacaan mata uang yang baik
Banyaknya mesin ATM disebar di seluruh daerah merupakan salah satu metode manajemen mengurangi antrian yang cukup besar di dalam sebuah perusahaan perbankan
Banyaknya mesin ATM yang tersebar juga sebagai ciri keberhasilan perbankan tersebut membuat nilai-nilai efektivitas dalam bentuk pelayanan semakin baik
Pada zamannya mesin ATM juga merupakan salah satu tolok ukur dalam sebuah sistem perbankan tapi tentunya perkembangan zaman tidak berhenti di situ di mana mesin ATM sekarang tergantikan dengan proses transaksi digital dengan m-banking
Mobile banking sekarang sudah menjadi bagian dari aktivitas transaksi yang begitu fleksibel sehingga melakukan pembayaran di e-commerce e-commerce yang merupakan sistem penjualan virtual market sekarang memerlukan sebuah sistem pembayaran yang fleksibel dari m-banking
Sehingga dalam hal ini kita tidak bisa lagi berdiam diri dalam satu sistem tapi harus bergerak dari ke sistem yang lain untuk menghilangkan berbagai kendala yang terjadi
Artinya dari perkembangan teknologi tersebut kita bisa melihat bahwa adanya proses pemecahan antrian dari perusahaan untuk membuat sebuah nilai transaksi lebih efektif dan efisien
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H