Dalam dunia bisnis tentu kita memiliki berbagai macam pola menangani bisnis. Yang paling utama adalah bagaimana anda menangani customer dalam berbisnis.
Banyak kegagalan usaha karena seseorang kurang paham memahami customer dengan baik sehingga customer yang sudah terbina itu lari dan menjadi customer orang lain
Pada zaman saya disebutnya customer itu adalah pelanggan atau langganan bagaimana kita menyusun strategi agar seseorang memiliki interest terhadap apa yang kita jajakan
Saya pakai istilah lama yang disebut dengan menjajakan barang kepada customer kita atau menawarkan barang pada customer kita sehingga customer itu tertarik dengan barang atau jasa yang kita mau tawarkan pada mereka
Karena saya juga orang lama jadi saya mengatakan bahwa ini adalah saya kerjakan dengan manual tetapi pada saat ini dunia sudah berubah di mana seseorang memiliki akses begitu cepat di dunia digital
Bagaimana kita dapat melayani seorang customer di dunia digital ini adalah salah satu kunci kita menangani sebuah bisnis menjadi lebih besar lagi dan memiliki langganan
Langganan juga kita bagi menjadi beberapa bagian salah satunya yang secara umum saya jelaskan antara langganan yang baru dan langganan yang lama
Bagaimana kita memanjakan seorang langganan baru kenal dengan produk-produk kita dan baru mencoba produk-produk kita atau baru mencoba layanan-layanan yang kita berikan kepada tentunya berbeda ketika kita memberikan layanan kepada orang-orang atau pelanggan-pelanggar atau langganan langganan kita yang lama
Tentunya agak mudah kalau saya mengatakan bahwa kita melayani langganan langganan yang kelihatannya di depan mata kita dapat bertemu langsung bertatapan langsung berjabat tangan dengan langsung
Tapi bagaimana dengan apabila kita berhadapan dengan mesin-mesin digital atau device device digital yang notabene kita nggak dapat feel-nya dalam kita melayani customer
Ini tentu kita akan berhadapan dengan berbagai masalah dalam kita melayani customer