Dalam era digital proses-proses bisnis dalam sebuah perusahaan tentu saja dibuat sedemikian rupa agar mudah untuk dievaluasi dalam hal mengevaluasi diperlukan sebuah nilai-nilai konfigurasi yang tepat.
Proses bisnis perlu sebuah pengaturan atau disebut dengan manajemen proses dalam manajemen proses beberapa hal yang perlu diperhatikan salah satunya adalah proses Monitoring  yang tujuannya untuk memantau notifikasi peristiwa-peristiwa yang terjadi proses filtering menyaring setiap peristiwa-peristiwa yang menentukan dalam sebuah proses analisis dataÂ
Yang ketiga adalah respons di mana kita harus menanggapi semua tingkat keterhubungan atau relasi di setiap proses bisnis tersebut terakhir adalah review atau peninjauan kembali Setiap peristiwa yang ada dalam sebuah proses bisnis
Dalam dunia e-commerce hal ini sangat penting karena di setiap jam di setiap menit di setiap detik ada sebuah proses yang namanya transaksi sehingga 4 Proses tersebut merupakan bagian yang penting dalam melakukan sebuah proses bisnis yang disebut dengan transaksional
Dalam tulisan sebelumnya sudah dijelaskan tentang online transaksional Processing dimana pada era digitalisasi dan Era e-commerce setiap transaksi dilakukan secara online dengan menggunakan berbagai metode pengembangan sistem
Dalam proses monitoring sendiri terjadi beberapa hal yang harus diperhatikan seperti misalkan proses dimana peristiwa tersebut sedang terjadi dan harus ditangkap dengan cepat oleh sistem untuk tujuan proses berikutnyaÂ
sebagai contoh adalah ketika saya memesan barang di e-commerce tentunya ada proses pemesanan barang yang ditawarkan dan biasanya kita mengenal dengan Masukan ke dalam keranjang hal tersebut tentunya menunggu sampai kita mencoba membayar dengan berbagai kontribusi langsung atau menggunakan pihak ketiga yang biasa disebut dengan finansial teknologi
Proses kedua setelah anda melakukan sebuah pemesanan ada proses reporting atau pelaporan yang dilakukan oleh sistem itu sendiri menggunakan berbagai model sistem pelaporan sehingga data yang diberikan kepada kita menjadi sebuah data yang informasi
Pada proses selanjutnya monitoring sendiri adalah proses deteksi dari apa yang dilakukan oleh user dimana proses tersebut menghasilkan sebuah model bisnis misalkan model pembayarannya anda lakukan menggunakan beberapa finansial teknologi atau transfer bank atau berbagai hak cara anda melakukan pembayaran terhadap barang yang ada sudah besar
Sedangkan untuk proses filtering sendiri adalah proses dimana penyaringan terhadap data-data yang masuk ke dalam sistem diantaranya adalah menyaring peristiwa-peristiwa yang terjadi pada sistem ketika ada masukan dari eksternal sistem tersebut atau dalam hal ini e-commerce tersebut seperti misalkan feedback dari pelanggan atau pemberitahuan dari penjual Hal ini tentu akan menjadi model filtering dari informasi yang diberikan
Selanjutnya dari proses filtering data tersebut kita harus memiliki nilai-nilai signifikasi dari data tersebut misalnya kita mengelompokkan data dari bidang-bidang tertentu seperti misalnya feedback dari pelanggan dikelompokkan komentar-komentar dari pelanggan dimasukkan ke dalam ruang khusus tapi untuk chatting antara pelanggan Dan Penjual diberikan juga ruang khusus sehingga ada signifikasi atau ada batasan-batasan di mana berbagai komentar tersebut dipilah-pilah