Mohon tunggu...
Julia Alma Puspita
Julia Alma Puspita Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Pendidikan Biologi UPI

KKN Tematik PPD Covid-19 Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Tematik UPI: Mengatasi Kendala Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19

5 Januari 2021   15:29 Diperbarui: 5 Januari 2021   16:16 105
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh penjuru negeri semakin buruk ini berdampak pada berbagai aspek kehidupan, tanpa terkecuali aspek pendidikan dan ekonomi. Pemerintah perlu mengambil tindakan untuk mengatasi hal tersebut. Namun tidak hanya pemerintah, semua elemen masyarakat juga perlu bekerja sama dengan pemerintah dalam pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19. Program KKN yang dilaksanakan ini mengambil tema: "Mengatasi Kendala Siswa 

Dalam Pembelajaran Sains Daring Selama Pandemi Covid-19". Tema tersebut dipilih karena relevan dengan bidang keilmuan penulis dan sesuai dengan tujuan diadakannya kegiatan KKN Tematik PPD Covid-19. Program ini diharapkan mahasiswa dapat menguatkan proses pembelajaran daring yang dilakukan di sekolah dan mengedukasi masyarakat sekitar mengenai pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan dan ekonomi.Kontribusi Universitas Pendidikan Indonesia dalam tidakan tersebut dengan melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang dilakukan mahasiswa di lingkungan sekitar tempat tinggal. Pelaksanaan di lingkungan tempat tinggal mahasiswa ini bertujuan untuk memperluas peran mahasiswa UPI dalam mengatasi dampak Covid-19 di seluruh daerah Indonesia.  

Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Tematik Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 (KKN Tematik PPD Covid-19) dilaksanakan mulai tanggal 16 November 2020---31 Desember 2020 di lingkungan tempat tinggal masing-masing mahasiswa.  Terdapat tiga program yang dilakukan, yaitu program edukasi penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan, program edukasi pencegahan Covid-19 dan program edukasi penanggulangan dampak Covid-19 di bidang ekonomi. Sasaran kegiatan ini adalah guru, orang tua siswa, siswa SMP kelas 8, dan masyarakat sekitar. Metode yang dilakukan dalam kegiatan KKN ini adalah pendampingan dan penyebaran melalui media sosial. Kegiatan inti yang dilakukan adalah pendampingan siswa di luar jam sekolah dalam mempersiapkan Penilaian Akhir Semester (PAS) ganjil melalui diskusi dan mengerjakan beberapa soal kuis terkait mata pelajaran IPA dan matematika. Selain melalui siswa langsung, pendampingan juga dilakukan melalui perantara orang tua siswa serta guru mata pelajaran terkait.

Kegiatan KKN Tematik PPD Covid-19 dilakukan sesuai panduan KKN UPI dengan penyesuaian terhadap keadaan di lapangan. Kegiatan yang dilakukan diantaranya: 1. Penyediaan media belajar dengan memanfaatkan portal edukasi seperti quizizz serta memberikan latihan soal PAS IPA, melalui kuis dan latihan soal yang diberikan diharapkan siswa dapat menguji kemampuannya dalam menjawab soal; 2. Pendampingan siswa dengan pendekatan individual, berdasarkan pengalaman hal ini dinilai lebih efektif untuk berkomunikasi dengan beberapa siswa yang kurang aktif; 3. Penyebaran informasi mengenai pencegahan Covid-19 di masyarakat umum serta siswa SMP. 

Pelaksanaan kegiatan ini dibantu oleh pihak sekolah terutama guru terkait mata pelajaran IPA dan Matematika. Melakukan diskusi mengenai kendala yang dialami selama pembelajaran online siswa. Berdasarkan hasil diskusi bersama guru dan pihak kurikulum sekolah mengatakan bahwa siswa mengalami kemunduran moral dan etika. Hal ini juga terasa selama pelaksanaan KKN, ada beberapa siswa tidak mengindahkan perintah dari gurunya, tidak disiplin dalam pengumpulan tugas dan tidak jujur dalam pengerjaan soal ulangan. Sebenarnya hal tersebut bisa diatasi apabila sarana belajar siswa memadai, namun masih ada beberapa siswa yang memiliki keterbatasan sarana belajar. Mengatasi masalah lain  seperti pemahaman belajar siswa dibentuk latihan soal dalam kuis agar siswa lebih tertarik dan termotivasi. 

Selain kegiatan terkait kendala di bidang pendidikan, dilakukan juga penyebaran informasi terkait Covid-19 secara daring menggunakan media sosial seperti instagram dan whatsapp. Tidak hanya upaya pencegahan tetapi juga mengenai penanggulangan dampak Covid-19 baik dari segi kesehatan mental serta ekonomi. Media poster digunakan dalam kegiatan ini. Melalui pelaksanaan KKN Tematik PPD Covid-19 ini diharapkan mahasiswa dapat menguatkan proses pembelajaran daring yang dilakukan di sekolah dan mengedukasi masyarakat sekitar mengenai pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun