Mohon tunggu...
Jujur Priawan
Jujur Priawan Mohon Tunggu... Guru - Guru SMAN 1 Serasan

sampai saat ini hobi saya mancing

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Nilai-nilai ASN dalam Bidang Pendidikan di SMAN 1 Tanjungpinang

2 Desember 2023   11:24 Diperbarui: 2 Desember 2023   11:35 56
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

  • IMPLEMENTASI DAN CAPAIAN AKTUALISASI
  •  
  • Kegiatan 1
  • Nama Kegiatan    : Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)  yang        Menggunakan  Ice Breaking agar siswa fokus belajar
  • Tanggal                : 16 Mei dan 17 Mei 2019
  • Tempat                 : Ruang Wakil Kurikulum
  • Output                  : RPP
  • Kegiatan ini mulai dilaksanakan pada tanggal 16 dan 17 Mei 2019 . Penulis mengawali kegiatan dengan menemui kepala sekolah untuk meminta izin melaksanakan kegiatan habituasi dan berkoordinasi dengan mentor terkait isu yang akan diangkat pada aktualisasi berserta gagasan pemecahan, sasaran dan waktu pelaksanaan. Penulismemasuki ruangan kepala sekolah dengan mengetuk pintu secara sopan dan mengucapkan salam. selanjutnya melakukan koordinasi bersama mentor dengan menyampaikan kejelasan target dan tujuan kegiatan habituasi menggunakan bahasa indonesia yang baik dan sikap sopan santun. Output dari kegiatan ini adalah diperolehnya izin untuk melaksanakan kegiatan habituasi di SMAN 1 Tanjungpinang dan diperoleh hasil koordinasi bersama mentor untuk melaksanakan kegiatan sesuai rancangan. Selanjutnya mentor mengarahakan untuk berkoordinasi dengan guru mata pelajaran biologi yang bersangkutan. Penulis telah melakukan koordinasi dengan guru mata pelajaran menggunakan bahasa yang sopan untuk menggali informasi mengenai penggunaan ice breaking dalam pembelajaran. Penulis melakukan kegiatan ini dengan cermat dan teliti. Setelah memperoleh informasi dan penjelasan dari guru mata pelajaran biologi, saya telah menyampaikan dengan bahasa yang tepat dan lugas maksud untuk melaksanakan kegiatan habituasi ini dengan penggunaan Ice breaking dalam pembelajaran sebagai upaya meningkatkan minat belajar siswa terhadap pelajaran biologi yang diharapkan dapat membantu siswa yang belum mencapai kriteria belajar minimum. Meskipun dari kegiatan ini tidak serta merta memberikan perubahan signifikan pada hasil belajar, tapi setidaknya dapat menyegarkan pikiran dari kejenuhan belajar di kelas . Dari hasil wawancara Penulis melengkapi rencana pelaksanaan pembelajaran biologi yang menggunakan ice breaking berdasarkan rencana pelaksanaan pembelajaran biologi dari guru mata pelajaran Biologi .Penulis menyampaikan kegiatan Bimbingan dilakukan diluar jam mengajar guru mata pelajaran biologi kelas x sehingga tidak mengganggu waktu mengajar guru. Selama kegiatan ini Penulis telah bertanggung jawab dengan bersungguh -- sungguh melaksanakan tahapan kegiatannya.
  • Kegiatan yang telah penulis laksanakan memunculkan nilai nilai dasar profesi ASN yaitu : Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik dan Komitmen Mutu. Nilai -- nilai ini tercermin dalam kegiatan habituasi.
  • Manfaat kegiatan ini bagi peserta adalah agar peserta terbiasa dalam menggunakan nilai dasar ASN yaitu sikap akuntabel, nasionalisme, etika public komitmen mutu, dan antikorupsi. Sehingga kedepannya dapat menjadi contoh kepada siswa yang diajarnya. Dan kedepannya dalam pembelajran dapat menyusun rencana pembelajran yang baik. Dampak apabila kegiatan ini tidak dilaksanakan maka penulis tidak bisa menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran untuk mengajar yang merupakan komponen penting dalam proses belajar mengajar.
  • Kegiatan II
  • Nama Kegiatan    : Memberikan Konsultasi Mengenai Permasalahan Pembelajaran Biologi terhadap siswa yang belum mencapai Kriteria Belajar Minimal (KBM)
  • Tanggal                : 17 Mei 2019 dan 20 mei 2019
  • Tempat                : Ruang kelas XII IPS 5
  • Output                  : lembar konsultasi permasalahan siswa
  • Rancangan kegiatan dilaksanakan pada hari kedua habituasi pada tanggal 16 Mei 2019. Penulis telah melaksanakan koordinasi bersama guru mata pelajaran biologi kelas x bahwa masih terdapat siswa yang belum memenuhi Kriteria belajar minimum. Penulis membuat jadwal bimbingan pemecahan masalah siswa. Jadwal ini dilaksanakan pada hari jum'at tanggal 17 Mei 2019 dan hari senin tanggal 20 Mei 2019. Penulis telah melaksanakan dengan penuh tanggung jawab dalam memberikan konsultasi kepada siswa atau bimbingan. Penulis telah  melaksanakan konsultasi tanpa membedakan siswa baik secara ras suku dan agama , penulis telah memberikan bimbingan sesuai dengan jadwal yang telah disusun secara efisien dan efektif sesuai dengan alokasi waktu yang tersedia sehingga tidak mengambil waktu tambahan dari guru lain yang mengajar sebelum atau sesudahnya. Penetapan waktu pelaksanaan kegiatan memperhatikan jadwal kegiatan belajar mengajar sekolah dan memilih tempat pelaksanaan yang tidak mengganggu kegiatan pembelajaran  kelas lain.  Awal kegiatan penulis mulai masuk kedalam kelas dengan mengucapkan salam dan meminta seorang siswa memimpin doa bersama. Kemudian penulis melakukan perkenalan dan memeriksa kehadiran siswa secara berurutan . Siswa yang mengikuti kegiatan ini berjumlah Sembilan orang sesuai dengan jumlah siswa yang belum mencapai kriteria belajar minimum. Selanjutnya penulis telah meminta siswa untuk menceritakan kesulitan yang dihadapi sehingga siswa tersebut belum mencapai kriteria ketuntasan minimum. Berdasarkan hasil yang siswa tuliskan pada umumnya siswa merasa kesulitan dalam mata pelajaran biologi adalah menghapal materi biologi. pertemuan berikutnya penulis memberikan konsultasi masalah siswa tersebut dengan memberikan masukan untuk belajar digunakan metode membuat peta konsep atau peta pikiran secara mandiri selain mempermudah dalam menghapal dengan membuat sendiri  maka yang tertulis menjadi tertinggal dalam ingatan. Selain itu metode yang dapat digunakan lain yang dapat digunakan dengan membuat "jembatan keledai" yaitu menghapal dengan membuat singkatan dan menghubungkan menjadi kalimat yang mudah diingat. Metode selanjutnya belajar yang baik sebaiknya dilaksanakan pada subuh hari disaat otak masih fresh sehingga mudah mengingatnya. Setelah selesai memberikan konsultasi penulis dengan bahasa yang sopan dan baik menyampaikan kepada guru mata pelajaran mengenai masalah siswa.
  • Kegiatan yang telah penulis laksanakan memunculkan nilai nilai dasar profesi ASN yaitu : Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik dan Komitmen Mutu. Nilai -- nilai ini tercermin dalam kegiatan habituasi untuk menciptakan ASN yang professional.
  • Manfaat kegiatan ini bagi peserta adalah mengetahui masalah yang dihadapi siswa karena siswa memiliki masalah yang kompleks sehingga antara satu dan yang lainnya beda perlakuan dalam penanganannya. Dampak positif yang dapat di berikan dengan memberikan konsultasi penulis belajar memberikan bimbingan kepada siswa dalam pemecahan permasalahan pembelajaran. Menjadi acuan perbaikan
  • Kegiatan III
  • Nama Kegiatan    : Memberikan Jam Pelajaran Tambahan Biologi  Untuk Meningkatkan Nilai siswa
  • Tanggal                : 24 Mei 2019
  • Tempat                : Ruang kelas XII IPS 5
  • Output                  : Jam Pelajaran Tambahan biologi
  • Kegiatan jam pelajaran tambahan ini bertujuan untuk menambah jam pelajaran kepada siswa yang belum mencapai kriteria belajar minimum yang berjumlah 9 orang. Penulis telah memulai Kegiatan ini dengan melihat nilai siswa yang belum mencapai kriteria  belajar minimum. Penulis menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan ketika ingin melihat nilai siswa kepada guru mata pelajaran biologi. kemudian  penulis menyusun daftar hadir siswa yang mengikuti pelajaran tambahan secara berurutan. Selanjutnya penulis melaksanakan kegiatan tambahan pelajaran dengan tepat waktu ketika masuk kelas dan keluar kelas. Kegiatan ini penulis telah laksanakan dengan penuh tanggung jawab. selama kegiatan ini penulis telah melaksanakan kegiatan sesuai jadwal yang telah disusun .  Pembelajaran yang telah penulis laksanakan bertujuan untuk mengulang materi pelajaran "jamur" dan menambah pengetahuan siswa agar mencapai kriteria  belajar minimal dengan diselingi dengan menggunakan ice breaking dengan tujuan membuat siswa fokus dalam belajar.Kegiatan ini dilaksanakan pada 24 Mei 2019 dengan alokasi waktu dua jam pelajaran (2JP) dimulai pukul 09.30 sampai pukul 10.30 dengan output terlaksananya kegiatan tambahan pelajaran yang diikuti oleh 9 siswa kelas X MIPA 2.  Penulis memasuki kelas dengan mengucapkan salam dengan bahasa yang sopan. Penulis meminta seorang siswa memimpin doa bersama. Penulis telah memeriksa kehadiran siswa tanpa membedakan siswa. Sebelum pelajaran dimulai penulis telah memberikan Ice breaking yang bertujuan membuat siswa kembali berkonsentrasi. Penulis telah menyampaikan materi pelajaran dengan bahasa Indonesia yang jelas. Setelah selesai pelajaran penulis mengakhiri pelajaran dengan berdoa dan mengucapkan salam.
  • Pada kegiatan ini nilai -- nilai dasar ASN yang ditampilkan adalah Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen mutu dan Antikorupsi. Nilai yang telah diaktualisasikan ini diharapkan bisa mewujudkan ASN yang berintegritas dan professional.
  • Manfaat kegiatan ini bagi peserta adalah agar yang bersangkutan bisa menunjukkan perilaku yang berbudi pekerti sehingga menjadi panutan dan sumber belajar bagi siswa. Dampak positif dari kegiatan ini diharapkan siswa dapat menerima ilmu yang di berikan sehingga nilai yang didapatkan menjadi meningkat dan mencapai kriteria ketuntasan minimum. Apabila kegiatan ini tidak dilaksanakan siswa tidak akan memahami pelajaran dan nilai yang didapat tidak mencapai target.
  • Kegiatan IV
  • Nama Kegiatan    : Menganalisis Hasil Remedial Siswa untuk melihat nilai siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal
  • Tanggal                 : 27 Mei 2019
  • Tempat                  : Ruang kelas XII IPS 5
  • Output                   : hasil remedial siswa
  • Kegiatan keempat pelaksanaan habituasi adalah menganalisis hasil remedial siswa. Pelaksanaan remedial diadakan pada 27 Mei 2019 selama 2 jam pelajaran (2JP) dimulai pada pukul 09.30 -- 10.30 WIB. Penulis telah melaksanakan Remedial dengan penuh tanggung jawab. penulis masuk dan keluar kelas tepat dan sesuai dengan jam pelajaran. Kemudian penulis memberikan informasi menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar bahwa pelaksanaan remedial bertujuan meningkatkan nilai  siswa agar mencapai kriteria belajar minimum. Penulis telah melaksanakan kegiatan ini memulai dengan doa. serta membagikan naskah soal tanpa membedakan bedakan latar belakang siswa. Penulis mengawasi kegiatan remedial ini dengan penuh seksama agar tidak terjadi kecurangan. Setelah selesai pelaksanaan remedial maka peserta mengumpulkan lembar jawaban siswa untuk dikoreksi hasil remedial dan menganalisis hasil remedial siswa. Berdasakan hasil analisis nilai siswa yang mengikuti remedial mengalami peningkatan nilai sehingga mencapai kriteria belajar minimum.
  • Pada kegiatan 4 nilai -- nilai dasar ASN yang ditampilkan adalah Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen mutu dan Antikorupsi. Nilai yang telah diaktualisasikan ini diharapkan bisa mewujudkan ASN yang berintegritas dan professional.
  • Manfaat kegiatan 4 bagi diri sendiri adalah dengan evaluasi, guru dapat mengetahui tingkat kepahaman siswa akan materi yang telah diajarkan. Serta mengevaluasi diri sendiri dalam cara mengajar yang lebih baik. Sejalan dengan kegiatan ini memberikan manfaat dalam mewujudkan penguatan nilai sekolah berupa 3P yaitu : Penampilan, Pelayanan dan Prestasi. Yakni Prestasi.
  • Kegiatan V
  •   Nama Kegiatan    : Membantu panitia penilaian akhir tahun
  • Tanggal                 : 27 Mei 2019
  • Tempat                  : Ruang kelas XII IPS 5
  • Output                   : hasil analisis remedial
  • Penilaian akhir tahun (PAT) adalah satu diantara kegiatan rutin di SMAN 1 Tanjungpinang. Kegiatan ini bertujuan mengevaluasi hasil belajar siswa yang dilaksanakan selama satu semester.  Penulis melaksanakan kegiatan ini merupakan tugas tambahan dari perintah langsung atasan yang didapatkan selama pelaksanaan habituasi di SMAN 1 Tanjungpinang. Penulis membantu menyusun naskah soal ujian berdasakan ruangan ujian dan menyiapkan daftar hadir siswa, berita acara, lembar ujian dan lembar isian siswa secara cermat dan teliti. kegiatan penulis laksanakan dari tanggal 14 Juni 2019 sampai dengan 22 Juni 2019. Jumlah ruang ujian yang digunakan selama ujian sebanyak 30 ruang ujian dengan total siswa yang mengikuti ujian adalah 824 siswa yang terdiri dari kelas X dan XI. Selama kegiatan penilaian Akhir Tahun dilaksanakan panitia menggunakan ruang pertemuan sebagai ruang panitia. Penulis melaksanakan tugas yang diberikan dengan penuh tanggung jawab. penulis telah menyusun berkas ujian secara sistematis sesuai dengan urutan dan susunan dari arahan panitia. Penulis membagikan naskah soal ujian sesuai dengan nama pengawas pada masing -- masing ruang. Setelah semua pengawas ruang ujian masuk kelas dilanjutkan dengan menyiapkan naskah soal ujian untuk jam selanjutnya. Ketika ujian berakhir penulis mengumpulkan naskah soal ujian serta memisahkan antara naskah soal dan lembar jawaban dengan teliti dan cermat. Penulis telah mengumpulkan naskah soal dan megumpulkan di gudang soal dan menyusunya secara berurutan berdasarkan tahun dan semesternya. Manfaat bagi peserta untuk kegiatan ini adalah pembelajaran baru menjadi panitia ujian agar dapat diterapkan di sekolah penempatan. Sehingga mengerti akan sistematis dalam pelaksanaan penilaian akhir tahun. 
  • Kegiatan ke V nilai -- nilai dasar ASN yang ditampilkan adalah Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, dan Komitmen mutu Nilai yang telah diaktualisasikan ini diharapkan bisa mewujudkan ASN yang berintegritas dan professional.

    • Kegiatan VI
    • Nama Kegiatan    : Menjadi pengawas ujian penilaian akhir tahun
    • Tanggal                 : 14 Juni 2019, 15 juni 2019 dan 17 Juni 2019
    • Tempat                  : Ruang Ujian
    • Output                   : Pengawas Ujian Penilaian Akhir tahun
  • Kegiatan ini merupakan tugas tambahan yang didapatkan selain membantu panitia dalam penilaian akhir tahun. Penulis mendapatkan kesempatan menjadi pengawas dalam kegiatan penilaian akhir tahun sebanyak tiga kali yaitu pertama pada hari jumat tanggal 14 Juni 2019 pada mata pelajaran Agama di rungan 5 dengan jumlah peserta ujian sebanyak 29 siswa terdiri dari 15 siswa kelas X dan 14 siswa kelas XI. Penulis telah melaksanakan kegiatan ini dengan penuh tanggung jawab. Penulis Memasuki ruangan tepat  waktu begitu juga dengan keluar kelas tepat waktu sesuai dengan bel tanda ujian. penulis menjaga ruang ujian agar tetap kondusif, nyaman dan tenang agar ujian berjalan lancar. Penulis memastikan siswa bekerja secara mandiri tidak mencontek dan penulis tidak membantu siswa menjawab soal ujian. Selanjutnya pada hari sabtu tanggal 15 Juni 2019 penulis mengawas ruang 27 dengan mata pelajaran pendididkan kewarganegaraan dan hari senin tanggal 17 Juni 2019 mengawas diruang 14 mata pelajaran seni budaya.


    • PENUTUP
    • Kesimpulan
  • Berdasarkan kegiatan aktualisasi ini penerapan nilai -- nilai dasar ASN meliputi nilai ANEKA yaitu : Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Antikorupsi. Penerapan nilai dasar dalam habituasi bertujuan untuk membentuk karakter ASN yang berintegritas yang diharapkan berkomitmen terhadap nilai -- nilai dasar ASN. Penerapan nilai -- nilai dasar ASN di lingkungan pemerintahan di harapkan mampu menciptakan pelayanan publik yang maksimal sehingga masyarakat puas terhadap tugas ASN. Dengan kegiatan habituasi ini penulis berharap dapat membiasakan diri menggunakan atau mengaplikasikan nilai nilai dasar ASN. . Penulis berkomitmen akan menjadi seorang PNS yang memiliki jiwa nasionalisme Pancasila dalam menjalankan fungsi dan tugasnya sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, perekat dan pemersatu bangsa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun