Beragam cara dilakukan oleh para pedagang atau penyedia hewan ternak untuk keperluan ibadah kurban agar hewan dagangannya laku terjual sebelum hari pelaksanaan.
Salah satu cara agar dagangannya diminati dan laku dipasaran adalah dengan cara membuat promosi gencar, baik penjualan langsung dengan memasang spanduk, banner, baligho dan melalui media sosial.
Selain itu, para penjual hewan kurban dalam promosinya memberikan layanan khusus kepada calon pembeli, seperti menyediakan makan daging domba gratis komplit dengan nasi dan lauk pauk lainnya. Calon pembeli saat datang ke lapak penjuakan diberikan jamuan makan gratis dengan menu domba guling bakar.
Baru-baru ini ada strategi promosi para penjual hewan kurban yakni menawarkan  "Beli 10 Ekor Sapi Gratis 1 Ekor Domba".
Di tengah persaiangan yang begitu ketak cara penjualan seperti ini adalah strategi menarik yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan hewan kurban, terutama menjelang Hari Raya Idul Adha.
Analisis
Kelebihan:
1. Menarik minat pembeli
Promosi ini menawarkan bonus yang menarik bagi pembeli, yaitu 1 ekor domba gratis untuk pembelian 10 ekor sapi. Hal ini dapat menarik perhatian calon pembeli yang ingin mendapatkan keuntungan lebih.
2. Meningkatkan penjualan
Dengan memberikan bonus domba, diharapkan dapat mendorong pembeli untuk membeli lebih banyak sapi, sehingga meningkatkan total penjualan.
3. Memperluas jangkauan pasar
Promosi ini dapat menjangkau pembeli baru yang sebelumnya tidak tertarik membeli sapi kurban.
Kekurangan:
1. Potensi kerugian
Toko berisiko mengalami kerugian jika bonus domba yang diberikan memiliki nilai yang lebih tinggi daripada keuntungan penjualan sapi.