Pertanyaan Penilaian merupakan cara yang menarik untuk menilai kelas secara langsung dan pada saat bersamaan. Libatjan siswa dari awal untuk mengenal satu sama lain dan bekerja sama.
Tujuan Pembelajaran setiap materi sudah tercantum dalam silabus. Dan ketika seorang guru akan mengajarkan suatu materi, maka guru tersebut akan menyampaikan terlebih dahulu tujuan-tujuan untuk apa kita mempelajari materi tersebut.
Setelah disampaikannya tujuan pembelajaran. Guru mulai untuk mengeksplorasi kelasnya dengan jenis atau teknik yang sudah dipersiapkannya  dalam KBM dengan tujuan tercapainya tujuan-tujuan dalan materi tersebut.
Prosedur yang perlu dilakukan :
1. Menyusun tiga atau empat pertanyaan untuk mempelajari bagaimana siswa kita.
Contoh pertanyaan-pertanyaannya meliputi :
a. Pengetahuan mereka tentang materi pelajaran.
b. Sikap mereka terhadap materi pelajaran.
c. Pengalaman-pengalaman  siswa yang relevan dengan materi pelajaran.