Mohon tunggu...
juju juriyah
juju juriyah Mohon Tunggu... Guru - Penulis sastra dan nonsastra, guru man 3 Cirebon peraih juara menulis tingkat internasional maupun nasional.

Hobi menulis sebagai tempat untuk berbagi dan tempat mengungkapkan ide/gagasan/pendapat dan perasaan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menanamkan Simpati dan Empati Siswa dalam Menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Tahap Observasi dalam Menyusun Artikel

22 Januari 2024   09:57 Diperbarui: 22 Januari 2024   10:54 184
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Siswa melaksanakan observasi terhadap objek-objek yang diteliti. (Dokpri)

Pembelajaran materi artikel di kelas xii IIK kali ini menuju langkah ke landasan teori dan kajian teori.
Yang sebelumnya siswa-siswi melaksanakan observasi data dari obyek yang akan dibahas.

Dalam observasi data ini siswa di ajak untuk melakukan penjelajahan ke obyek-obyek penelitiannya untuk menemukan data-data atau fakta-fakta yang akan jadi bahan dasar. tulisan artikelnya.

Dalam langkah menemukan data ini guru menerpkan model pembelajaran discovery learning.
Kegiatan ini diawali dengan membentuk kelomppk kerja siswa. 

Satu kelas dikelompokkan menjadi enam kelompok.
Data yang diperlukan adalah data-data yang diperoleh dari penjelajahann untuk menemukam data-data dan fakta-fakta dari sekitar lingkungan sekolah/madrasah.
Obyek yang menjadi bahan pengamatan sekitar madrasah antara lain :
1. Kantin
2. Lab komputer
3. Lab kimia
4. Perpustakaan
5. Gedung Aula
6. Lingkungan Sekolah

Siswa mengamati lab komputer. 'Dokpri'
Siswa mengamati lab komputer. 'Dokpri'

Model discovery learning adalah sebuah model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam suatu kegiatan obserbasi atau pengamatan untuk mendapatkan atau menemukan data-data atau informasi baru tentang obyek yang diteliti.

Manfaat penerapan model Discovery learning terhadap siswa diantaranya memaksimalkan atau mengeksplorasi kemampuan berpikir kritis siswa dari segi keingintahuan siswa terhadap sesuatu yang baru.
Pelaksanaan kegiatan model ini diawali dengan membentuk kelompok, selanjutnya langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Setiap kelompok menyiapkan alat tulis.
2. Setiap kelompok mendatangi tempat-tempat yang akan diobservasi.
3. Mengamati objek secara seksama.
4. Mencatat hasil pengamatan dengan detail dan sistematis.
5. Membawa kembali hasil pengamatan di kelas.

Siswa mengamati lab kimia. 'Dokpri'
Siswa mengamati lab kimia. 'Dokpri'

Pembelajaran dengan model discovery learning memberikan kesan yang cukup mendalam.dari siswa-siswa yang mengobsrvasi, diantaranya merasakan simpati dan empati akan kondisi objek pengamatannya.
Seperti Rasa bangga, prihatin,.tanggung jawab bermunculan pada diri siswa-siswi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun