Pembelajaran online atau daring adalah proses pembelajaran melalui media internet baik itu e-laerning, WA, GCR, zoom atau yang lainnya. Proses yang dilakukan tersebut tentu saja mengeluarkan biaya tambahan dibanding pembelajaran tatap muka. Bukan itu saja kendala-kendala pun banyak yang timbul dalam pembelajaran online ini.
Kendala-kendala yanag timbul, diantaranya adalah sinyal, dimana posisi siswa yang bertebaran dimana-mana tidak menutup kemungkinan ada siswa yang berada di area yang sinyalnya buruk, sehingga siswa tersebut kesulitan mengikuti KBM, walaupun siswa tersebut sangat antusias ingin mengikutinya.
Kondisi yang berjalan rumit juga menyulitkan guru untuk menetapkan kriteria penilaian kepada siswa- siswinya, baik itu penilan kognitif dan psikomotorik juga afektif.
Dalam penilaian kognitif menggunakan cara tes baik lisan atau tulisan. Dalam penilaiannya  terdapat keraguan apakah siswa itu jujur atau tidak  dalam menjawab karena pantauan guru terbatas. Dalam penilaian psikomotorik  siswa diharapkan mampu membuat sebuah ptoduk. Selanjutnya penilaian afektif , penilaian ini seputar sikap dan karakter dan tingkah laku siswa dalam mengikuti KBM. Mampukah siswa mengikuti KBM.Â
Secara umumnya penaiaian afektif sangat sulit untuk diterapkan dalam masa  pandemi, karena pemantauan yang sangat terbatas dari seorang guru. Inilah dilema bagi seorang guru pada saat pandemi.