Mohon tunggu...
Judith Kenyatta
Judith Kenyatta Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Program Studi Komunikasi Digital dan Media Sekolah Vokasi IPB University

Saya adalah mahasiswa aktif di Program Studi Komunikasi Digital dan Media di Sekolah Vokasi IPB University. Saya memiliki ketertarikan yang mendalam di bidang kecantikan, penyelenggaraan acara, dan media sosial. Dengan latar belakang pendidikan di komunikasi, saya terbiasa beradaptasi dengan berbagai jenis konten dan audiens.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Pengaruh Konten "A Day In My Life" dengan Endorsement terhadap Engagement Penonton di Tiktok

27 September 2024   14:45 Diperbarui: 27 September 2024   14:47 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Dalam era digital sekarang ini, TikTok muncul sebagai salah satu platform untuk mengunggah konten video pendek yang menarik perhatian jutaan penggunanya di seluruh dunia. TikTok memberikan ruang bagi para penggunanya untuk berbagi momen sehari-hari, juga konten yang menghibur. Salah satu konten yang semakin populer saat ini adalah "A Day in My Life,". Konten ini membuat para pengguna platform Tiktok ini untuk berbagi momen keseharian mereka dengan cara yang personal dan relatable untuk para audiens. Konten ini tidak hanya menghibur, tetapi juga menjadi alat promosi yang efektif ketika disertai endorsement dari berbagai merek.

Salah satu alasan utama keberhasilan konten ini adalah keaslian dan storytelling. Konten jenis ini memungkinkan para kreator untuk bercerita dengan cara yang menarik dan relatable. Penonton dapat ikut merasakan pengalaman yang ditunjukkan dan melihat produk yang di promosikan dalam konteks kehidupan sehari-hari, bukan sebagai iklan yang terpisah. Ini yang membuat promosi terasa lebih alami dan tidak mengganggu konten yang ditonton.

Selain itu, personal branding dan relatability memainkan peran yang juga penting. Kreator yang berbagi momen pribadi mereka membangun hubungan yang lebih mendalam dengan para audiens. Ketika penonton merasa terhubung secara emosional, mereka lebih cenderung memperhatikan dan mempercayai produk yang dipromosikan. Situasi dan juga aktivitas yang hampir sama dengan pengalaman pribadi para penonton dalam konten "A Day In My Life" ini membuat relabilitas konten ini sangat tinggi. Keaslian ini menciptakan loyalitas yang lebih kuat dari audiens terhadap kreator dan merek yang mereka endorse.

Dengan membagikan aktivitas sehari-hari, para kreator menciptakan narasi yang mencerminkan kehidupan nyata mereka. Promosi produk yang tertera dalam konteks ini terasa lebih alami dan relevan. Contohnya, jika seorang kreator menunjukkan bagaimana mereka menggunakan produk kecantikan saat bersiap-siap untuk hari mereka, audiens merasa bahwa produk tersebut benar-benar menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari mereka, bukan hanya iklan saja.

Para kreator sering kali memiliki pengikut yang setia, yang setia menikmati konten -- konten yang mereka buat. Ketika mereka merekomendasikan produk, audiens merasa bahwa mereka mendapatkan saran dari seseorang yang mereka suka dan mereka percayai. Relatabilitas yang tinggi ini meningkatkan kemungkinan audiens untuk mempertimbangkan atau membeli produk yang di promosikan, karena mereka merasa produk tersebut diperkenalkan oleh orang yang mereka percayai dan bukan hanya iklan.

Konten tiktok ini yang menyertakan promosi sering kali mendapatkan engagement yang lebih tinggi. Karena di konten ini menampilkan kegiatan sehari-hari yang biasa, audiens merasa lebih dekat dengan pembuat konten atau kreator. Konten ini juga efektif dalam meningkatkan brand awareness. Para audiens yang menonton konten tersebut akan lebih cenderung untuk mengingat brand yang dipromosikan dan melakukan pencarian lebih lanjut tentang produk tersebut. Video yang relatable, unik dan menarik membantu merek membangun citra positif di hadapan audiens. Audiens lebih cenderung untuk mempertimbangkan produk tersebut dalam keputusan pembelian mereka.

Konten "A Day in My Life" cenderung menghasilkan engagement yang lebih tinggi dibandingkan dengan konten promosi ataupun iklan seperti biasa. Interaksi seperti komentar dan share meningkat ketika penonton merasa terlibat dengan storytelling yang disajikan oleh pembuat konten. Efektivitas promosi meningkat ketika endorsement disisipkan dalam konteks cerita yang menarik. Audiens lebih memiliki kecenderungan untuk melakukan tindakan, seperti membeli produk, setelah menonton konten tersebut.

Dalam jangka panjang, konten ini memiliki potensi untuk terus berkembang seiring dengan perubahan tren digital di platform tersebut. Para brand dapat memanfaatkan jenis konten promosi seperti ini yang dikemas dengan sedemikian rupa untuk membangun hubungan yang lebih kuat dengan para audiens mereka dengan alami tentunya.

Untuk para brand, penting untuk adanya kerja sama dengan para influencer atau content creator yang memiliki para pengikut setianya yang relevan dan gaya yang sesuai dengan citra merek mereka. Influencer harus diberikan kebebasan untuk menyisipkan promosi dengan cara yang berbeda namun alami yang sesuai dengan narasi konten mereka. Dengan cara ini, promosi tidak hanya akan alami tetapi juga meningkatkan daya tarik dan efektivitasnya, menciptakan hasil yang lebih memuaskan dalam jangka panjang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun