Mohon tunggu...
Jane Papilaya
Jane Papilaya Mohon Tunggu... -

"Keep your mind as bright & clear as the vast sky, the great ocean & the highest peak, empty of all thoughts."

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

2012: Orang Maluku Wajib Nonton

3 Januari 2012   05:41 Diperbarui: 25 Juni 2015   21:24 560
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Penyanyi Glenn Fredly asal Ambon tengah mempersiapkan sebuah film layar lebar berjudul “Cahaya Dari Timur” bertemakan sepak bola dengan latar belakang kerusuhan Ambon beberapa waktu lalu.

Film tersebut adalah kisah nyata anak muda dari Maluku yang merantau ke Jakarta untuk sebuah pertandingan sepak bola. Di tengah suasana serba kacau dan memanas akibat kerusuhan, ada sekelompok anak muda asal Maluku yang berbeda religi tapi satu darah, berangkat ke Jakarta untuk mengikuti kejuaraan sepak bola di bawah usia 15 tahun. Mereka berangkat dengan diiringi tekad menjadikan sepak bola sebagai misi perdamaian.

Pada kejuaraan itu, tim sepak bola asal Maluku akhirnya berhasil melaju ke partai final dan bertemu dengan tim dari Jakarta. Partai final yang disiarkan secara langsung oleh stasiun TVRI, mampu membuat warga Ambon sejenak melupakan permusuhan dan kerusuhan. Mereka beramai-ramai menonton siaran langsung pertandingan tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa sepak bola ternyata bisa meluruhkan konflik yang sedang terjadi.

Syutingnya akan dimulai pada bulan Mei 2012, Glenn Fredly menggaet sutradara Angga Sasongko dan penulis skenario Andy Bachtiar. Sedangkan aktor maupun aktrisnya, hampir 50 persen berasal dari Maluku dan sisanya dari Jakarta,dengan lokasi syuting antara Ambon dan Jakarta. Targetnya, pada liburan akhir tahun 2012 nanti, film tersebut sudah bisa tayang di bioskop-bioskop di Tanah Air.

Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun