Mohon tunggu...
Jouvanka Eva Kurniawan
Jouvanka Eva Kurniawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Nama saya Jouvanka Eva Kurniawan, mahasiswa baru Universitas Katolik Parahyangan jurusan Hubungan Internasional. Saya tertarik untuk mempelajari seputar dunia secara luas melalui berbagai pandangan.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Geladi Hominisasi

26 November 2022   15:57 Diperbarui: 26 November 2022   16:03 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pengalaman saya mengikuti Geladi Hominisasi sangat menyenangkan. Pada awalnya saya menganggap Geladi Hominisasi ini merupakan kegiatan webinar biasa. Saat mengerjakan tugas pra-geladi, saya mendengarkan lagu Indonesia Raya versi 3 stanza dan kemudian mengutarakan pendapat mengenai bagian yang saya suka dari versi tersebut. Saya juga melihat film dokumenter tentang kue dan jajanan tradisional. Dari film tersebut saya mempunyai kesimpulan bahwa jajanan tradisional di masa sekarang ini sudah mulai terlupakan dan tergantikan oleh jajanan modern. Pada tugas pra-geladi saya juga memberikan pandangan saya mengenai tugas generasi muda dan tantangan yang dihadapi oleh generasi muda. 

Kemudian saat hari H geladi yaitu 20 November 2022,  saya berdiskusi dengan kelompok mengenai hari guru. Mengenai mengapa hari guru harus diperingati, termasuk bagaimana cara untuk menghargai dan membalas jasa yang diberikan oleh para guru. Kelompok kami lalu mempresentasikan hasil diskusi dengan kelompok lain. Ternyata kami memenangkan presentasi dan maju ke final. Kelompok kami lalu melakukan revisi dan memperbaiki bagian yang masih kurang baik. Sayang sekali kami tidak berhasil menang menjadi juara pertama. Namun, kami sudah puas dan bangga karena telah melakukan yang terbaik bagi kelompok kami.

Kemampuan menggunakan logika dan bahasa sangat diperlukan karena kegiatan berpikir dan berbicara merupakan sesuatu yang sudah dilakukan manusia secara alamiah, atau secara naluriah. Namun, untuk memiliki pola pikir yang kritis dan logis serta berbahasa yang baik dan benar diperlukan kemampuan lebih lagi. Kebanyakan orang hanya berpikir dan berbicara tanpa memiliki pondasi dan tujuan yang kuat. Oleh karena itu sebagai warga negara perlu untuk memiliki kemampuan menggunakan logika dan bahasa agar dapat menyampaikan gagasan, pola pikir, maksud, dan tujuan dengan baik dan benar. 

Dalam kegiatan Geladi Hominisasi ini, saya mendapatkan banyak teman baru yang memiliki pandangan yang berbeda dari saya. Hal ini membuat saya belajar untuk menghargai perbedaan tersebut, dan juga membuat saya melihat sesuatu hal dari sudut pandang orang lain. Selain itu, saya belajar untuk menyampaikan gagasan dengan baik, dan lebih percaya diri. Saya juga belajar menerima masukan dari orang lain untuk memperbaiki diri. 

Geladi Hominisasi ini mengasah skill public speaking terutama bagi saya yang berasal dari prodi Hubungan Internasional. Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, saya juga belajar untuk menjadi percaya diri. Cara yang saya lakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan berbahasa salah satunya adalah dengan banyak membaca dan bertanya. Karena dengan membaca banyak hal dan ilmu yang bisa saya dapatkan. Demikian juga dengan bertanya akan secara perlahan melatih saya untuk berpikir secara kritis dan berdasar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun