Ilmu sosial Geertz dan Winch, Â
   Dalam ilmu sosial juga diikuti dengan diskusi Geertz dan Winch,  Clifford Geertz dengan artikelnya, Dari Sudut Pandang Pribumi: Tentang Hakikat Pemahaman Antropologis "From the Native's Point of View: On the Nature of Anthropological Understanding" (1976), dan Peter Winch dengan Essainya "Memahami Masyarakat Primitif"  (1964). Yang memungkinkan Bernstein untuk membawa isu-isu yang dia tangani secara langsung ke dalam disiplin ilmu sosial. Khususnya dalam diskusi tentang Ketidakbandingan (apakah dalam pengertian yang lebih terfokus tentang teori-teori paradigma ilmiah atau pengertian yang lebih global tentang ketidakpastian bentuk-bentuk kehidupan, budaya, dan tradisi), menurut Bernstein yang telah menyaksikan "kesamaan" (permulaan dari pengalaman pemulihan dimensi hermeneutika). Semua ini berkontribusi pada gerakan melampaui objektivisme dan relativisme dan untuk membebaskan kita dari Kecemasan Cartesian.
   Maksud utama Bernstein di sepanjang bab ini adalah untuk menyatakan bahwa "kesamaan" itu ada, tidak hanya antara Kuhn dan mereka yang telah mengkritik konsepsi positivis-empiris tentang ilmu sosial, tetapi juga antara Kuhn dan banyak kritikusnya. Sekali lagi "kesamaannya" Dalam kata-kata Bernstein, itu adalah "awal pengalaman pemulihan dimensi hermeneutis". Dia berpendapat bahwa berbagai fitur hermeneutika seperti kesadaran akan hubungan pemahaman dan interpretasi, peran tradisi dalam pemahaman, dan sebagainya telah dibangkitkan kembali oleh filsafat ilmu post-empiris.
Misalnya; Kuhn dan Feyerabend yang sepakat tentang "aturan teori yang diperlukan". Mereka berdua menegaskan bahwa setiap pernyataan aturan, prosedur, dan metode bisa gagal untuk menangkap kecerdasan, imajinasi, dan penilaian yang diperlukan untuk penemuan, pengujian, dan evaluasi atau pembenaran hipotesis dan teori ilmiah.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H