ecommerce di Indonesia sudah menjadi suatu kebiasaan baru. Kemudahan dalam mengakses informasi, mendukung terciptanya jual -- beli dalam platform secara lebih praktis.
Jakarta, 10 Februari 2022 -- Tren berbelanja secara online melaluiPada tahun 2021 pertumbuhan transaksi e-commerce di Indonesia sebesar Rp 401 Trilliun, dengan proyeksi pertumbuhan pada tahun 2022 naik sebesar 31% dari pencapaian tahun 2021. Menurut data sebanyak 88,1% pengguna internet di Indonesia pernah membeli barang secara online melalui e-commerce.
Ohmura hadir di ranah bisnis e-commerce dengan fokus pada diskon, di mana hanya produk atau jasa yang telah terdiskon yang dapat dijual pada platform ohmura. Dengan model bisnis D2C atau direct to customer, ohmura bekerja sama langsung dengan pemilik bisnis, pabrik, umkm sehingga diharapkan dapat memberikan penawaran terbaik langsung ke konsumen dalam bentuk promosi ataupun diskon produk. Dengan pertumbuhan yang significan di pasar e-commerce, Ohmura optimis dapat memberikan solusi  yang bermanfaat.
Kesulitan dari pemilik bisnis untuk menjual produk baru diluncurkan, produk sisa penjualan, produk clearance, produk yang sudah mendekati tanggal expired, dan produk promosi, membuat kami merancang ohmura. Disamping itu juga tingginya permintaan dari para pencari diskon dan konsumen online yang secara aktif berbelanja online mengungkapkan bahwa mereka menghabiskan banyak waktu untuk membandingkan harga dan produk serupa.
"Kami ingin memberikan pengalaman berbelanja yang lebih murah dan lebih hemat kepada konsumen dengan berfokus pada potongan harga yang diperoleh oleh konsumen tanpa mengurangi kualitas belanja, kualitas produk dan layanan e-commerce" kata Josse selaku founder Ohmura  dalam keterangan di hari Kamis (10/02/2022)
Dalam dunia e-commerce yang sangat ketat, ohmura memilih untuk menggunakan strategi akusisi yang berupa Kerja sama (partnership) dan kolaborasi (collaboration) terhadap brand atau penyedia jasa, pemilik bisnis, pabrik untuk meningkatkan branding, penjualan, dan mengaet lebih banyak konsumen. Sementara itu konsumen dapat memperoleh rewards, atas transaksi pembelian dan mengundang teman untuk bergabung yang berupa point yang dapat ditukarkan.
Untuk mengoptimasi kerja sama dengan pabrik, pemilik bisnis, UMKM Â yang sibuk dengan proses produksi hingga tidak memiliki waktu dalam managemen penjualan, kedepannya ohmura akan mengembangkan sistem konsiyasi yang akan mengurus managemen penjualan, pengiriman barang hingga komplain dari konsumen, sehingga pabrik, pemilik bisnis, UMKM dapat berfokus mengenai produksi tanpa perlu direpotkan mengenai penjualan dan memperoleh report langsung.
Pemilik bisnis Raffles dekorasi, Rudy Xavier menyatakan, perusahaan berkerja sama dengan ohmura agar dapat memperoleh lebih banyak konsumen dan mengenalkan bisnisnya lebih luas.
"Di dunia dekorasi, untuk memperoleh konsumen yang tepat dan tertarik tidaklah mudah, namun dengan adanya ohmura  kami dapat memperkenalkan bisnis kami lebih cepat dan tepat dan memperoleh lebih banyak konsumen" kata dia.
Saat ini, aplikasi ohmura sudah dapat diunduh pada Google Play Store untuk pengguna Android, sementara bagi pengguna IOS, aplikasi belum tersedia untuk public dikarenakan masih dilakukan beberapa perbaikan oleh karena itu pengguna dapat mengakses melalui website ohmura. (*)
- ***
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H