Mohon tunggu...
JOSHUA CHRISTIAN
JOSHUA CHRISTIAN Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Malang Semester 3

Suka bermain game,suka mengedit vidio,suka bermain musik,dan masih banyak lagi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

"Penerapan Media Pembelajaran PowerPoint dalam Kegiatan AM ( Asistensi Mengajar) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa kelas X SMAN 1 SINGOSARI MALANG"

17 Desember 2024   15:03 Diperbarui: 17 Desember 2024   15:03 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto PowerPoint pada Saat Mengajar Kelas X ( Sumber Foto : Kamera Handphone ) 

1. Latar Belakang Kegiatan
Dalam rangka meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar di kelas, penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi menjadi salah satu solusi yang tepat. Media pembelajaran PowerPoint dipilih karena dapat memfasilitasi penyampaian materi secara visual, menarik, dan interaktif. Kegiatan Aktivitas Mengajar (AM) ini dilaksanakan sebagai bagian dari program pembelajaran untuk melatih keterampilan guru dalam menggunakan media modern dan mendukung pemahaman peserta didik.

2. Tujuan Kegiatan
Kegiatan ini bertujuan untuk:

  • Meningkatkan kemampuan pendidik dalam merancang dan menggunakan media pembelajaran PowerPoint secara efektif.
  • Membantu siswa memahami materi dengan lebih mudah melalui tampilan visual yang sistematis dan menarik.
  • Menumbuhkan minat belajar siswa melalui media yang lebih interaktif dan komunikatif.

3. Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan AM ini dilaksanakan selama 16 Minggu di SMAN 1 SINGOSARI  MALANG

  • Persiapan: Pembuatan materi PowerPoint sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan. PowerPoint yang dibuat dilengkapi dengan elemen-elemen pendukung seperti teks singkat, gambar, video, dan animasi.
  • Pelaksanaan:
    a. Guru memulai kegiatan dengan menjelaskan tujuan pembelajaran dan membuka materi menggunakan media PowerPoint.
    b. Materi disajikan dalam slide yang sistematis, berisi poin-poin penting dan dilengkapi ilustrasi menarik.
    c. Guru memberikan penjelasan interaktif dengan bantuan elemen visual dalam PowerPoint, seperti diagram, grafik, dan animasi untuk memudahkan pemahaman konsep.
    d. Setelah pemaparan materi, guru mengajak siswa berdiskusi dan memberikan tugas berbasis materi yang ditampilkan.
  • Penilaian: Dilakukan evaluasi pemahaman siswa melalui sesi tanya jawab dan kuis singkat.

4. Hasil Kegiatan
Pelaksanaan kegiatan AM dengan menggunakan PowerPoint menunjukkan hasil yang positif, di antaranya:

  • Peningkatan Pemahaman Siswa: Siswa lebih mudah memahami materi karena penyampaian yang visual dan sistematis.
  • Peningkatan Partisipasi Aktif Siswa: Media PowerPoint yang dilengkapi animasi dan gambar menarik meningkatkan minat serta keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran.
  • Efisiensi Penyampaian Materi: Guru dapat menyampaikan materi lebih terstruktur dan menghemat waktu dengan tampilan slide yang sistematis.

Dari hasil evaluasi, sebanyak 85% siswa mampu menjawab pertanyaan dan tugas dengan benar, menunjukkan peningkatan pemahaman setelah menggunakan PowerPoint sebagai media pembelajaran.

5. Tantangan dan Solusi
Beberapa tantangan yang ditemui selama kegiatan antara lain:

  • Kendala Teknis: Terkadang terjadi masalah perangkat atau proyektor yang menghambat penyajian materi.
    Solusi: Mempersiapkan peralatan cadangan sebelum memulai kegiatan.
  • Kurangnya Familiaritas Guru: Sebagian guru masih terbiasa dengan metode konvensional.
    Solusi: Melakukan pelatihan singkat sebelum kegiatan dimulai.

6. Kesimpulan dan Rekomendasi
Penggunaan media pembelajaran PowerPoint dalam kegiatan AM terbukti efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa dan partisipasi aktif dalam kelas. Dengan tampilan yang menarik dan penyajian materi yang sistematis, PowerPoint dapat menjadi media pembelajaran yang mendukung proses belajar yang lebih efisien.

Rekomendasi:
Untuk hasil yang lebih optimal, guru diharapkan:

  1. Terus mengembangkan kreativitas dalam merancang materi PowerPoint yang lebih interaktif.
  2. Mengintegrasikan media PowerPoint dengan teknologi pendukung lainnya seperti video pembelajaran atau kuis interaktif online.

Dengan demikian, diharapkan penggunaan media pembelajaran PowerPoint dapat menjadi praktik baik yang berkelanjutan dalam proses belajar mengajar di masa mendatang.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun