Mohon tunggu...
Jose Hutapea
Jose Hutapea Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa IPB University

I am a student majoring in Civil and Environmental Engineering, Faculty of Agricultural Technology, IPB University. I am also a person who is interested in various fields such as social, sports and technology.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tim PKM-PM IPB UNIVERSITY Kemas Pembelajaran Interaktif bersama Destana Desa Petir Menggunakan 3D Maket Titik Rawan Longsor dan Observasi Langsung

21 Juli 2024   18:57 Diperbarui: 21 Juli 2024   19:10 124
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Merespon kejadian longsor di Desa Petir, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor pada bulan November 2023 yang menewaskan dua orang suami istri, dibentuklah Destana Desa Petir yang disahkan melalui SK pada bulan Desember 2023.  DESTANA atau Desa Tangguh Bencana adalah sebuah desa/kelurahan yang diharapkan akan memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi ancaman bencana, serta memulihkan diri dengan segera dari dampak bencana yang merugikan, jika terkena bencana. Destana dibentuk dengan harapan desa dapat memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana (PerKa no.1 tahun 2012 tentang Pedoman untuk Desa/Kelurahan Tangguh Bencana (Destana). 

Guna mencapai hal tersebut, tentu anggota Destana perlu melakukan pelatihan dan pembekalan yang cukup mengenai kebencanaan dan Karakteristik Desanya sendiri. Walaupun sudah pernah dilakukannya pelatihan oleh BPBD Kabupaten Bogor ketika Destana dibentuk. Hal ini tidaklah cukup dilakukan sesekali saja, tetapi perlu adanya pemantapan serta pengulangan pada setiap pengetahuannya. Tim PKM-PM LandMit dari IPB University mengusung pembelajaran dengan metode Participatory Learning and Action dimana para anggota Destana diajak berkontribusi langsung secara bersama sambil memantapkan pengetahuannya secara maksimal. 

Sumber: Pribadi
Sumber: Pribadi

Metode Participatory Learning and Action ini, dikemas dengan beragam media pembelajaran interaktif agar para Bapak Ibu anggota Destana bisa benar-benar paham tentang karakteristik Desa Petir dan kebencanaan khususnya Tanah Longsor. Dalam proses pembelajaran karakteristik zona merah, tanda-tanda longsor, dan penyebab longsor, Tim PKM PM LandMit menggunakan media Maket 3D yang dibuat berdasarkan hasil pemetaan yang dilakukan pada tiga titik rawan longsor di Desa Petir sebagai studi kasus. Maket tersebut terbuat dari barang-barang bekas seperti kardus dan kertas bekas. Maket 3D ini sangat menarik perhatian anggota Destana Desa Petir, sehingga dalam proses pembelajarannya Destana sangat antusias dan semangat. Pemahaman Destana Desa Petir mengenai  karakteristik zona merah, tanda-tanda longsor, dan penyebab longsor pun meningkat. Hal ini dibuktikan dengan nilai Post Test yang meningkat dari hasil Pre-Test awal. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun