Pada zaman modern saat ini , penggunaan bidang perdagangan maupun jasa saat ini tidak hanya bertransaksi secara langsung dalam proses administratif, bisa juga menggunakan metode Online. Jasa Transportasi dewasa ini kereta api pada khususnya sangat vital digunakan masyarakat luas guna membantu perkembangan ekonomi maupun aktivitas manusia lainnya. Website banyak mengalami perkembangan dan banyak diminati oleh sebagian masyarakat khususnya dalam hal memberikan informasi secara mudah dan cepat ,oleh karena itu banyak perusahaan-perusahaan baik dalam bidang perdagangan maupun jasa telah mampu mempunyai alamat website sendiri untuk mempermudahkan memberikan informasi kepada masyarakat karena hal tersebut akan lebih menguntungkan untuk perusahaan itu sendiri,selain dalam hal keuntungan perusahaan penggunaan website ini juga sangat mendukung perekonomian nasional seperti yang disebutkan sebelumnya. Salah satunya adalah di dalam e-Government.
Itu semua dikarenakan penggunaan website pada perusahaan nantinya akan memacu pemerintah untuk menggunakan media elektronik di dalam penyampaian informasi terutama dalam bentuk website pula. Penggunaan media website di dalam penyampaian informasi pada pemerintah (e-Government) sangat ideal. Karena informasi menyebar dengan cepat tanpa ada masalah yang berarti, dan juga penggunaan media online ini sangat cocok digunakan karena sebagian besar penduduk di indonesia ini sudah memanfaatkan jasa internet, penggunaan webiste sebagai media informasi Salah satu contohnya ialah pt.KAI dengan alamat web http://www.kereta-api.co.id/. Website PT KAI ini memberikan informasi yang berhubungan dengan perkereta apian yang didalamnya terdiri dari pembayaran online, jadwal kereta, pemersanan tiket, kritik dan saran dan lain sebagainya dengan visi pt KAI yaitu menjadi penyedia jasa perkeretaapian terbaik yang fokus pada pelayanan pelanggan dan memenuhi harapan stakeholders kepada masyarakat luas.
Saya melihat di web PT KAI terdiri dari informasi setiap line di beranda terdapat tampilan layanan produk,informasi media,social perusahaan dan heritage railway . pada bagian tabmenu tentang web tersebut terbagi lagi menjadi : sekilas sejarah,komisaris,direksi,visi dan misi,arti logo, budaya perusahaan, anak perusahaan,prasarana,sarana,pegawai, asset potensial,operasional,keuangan,produk bisnis inti. Terdapat juga Layanan produk: KA penumpang, ,paket rombongan,kereta wisata,reservasi tiket,KA barang,pelayanan angkutan,syarat dan ketentuan,pengguna jasa,sewa asset railway,Aset non railway, dan prosedur sewa. Informasi media : Berita KA, press release, Recrutment,E-procurement,Keterbukaan informasi public,kesehatan dan keselamatan.
Dengan adanya fitur tersebut masyarakat pengguna jasas transportasi Kereta Api terasa sangat dimudahkan dengan adanya informasi online karena kelebihan dari web tersebut adalah informasi yang sangat up to date, karena dapat dilihat masyarakat dimana pun dan kapanpun. Dalam pembayaran dan atau pemesanan tiket juga tidak perlu repot-repot datang langsung ke stasiun, tetapi hanya gesek kartu, telfon, transfer atau cara lain yang akan memudahkan konsumen pengguna jasa Kereta Api.
Terobosan dan keunggulan PT KAI memiliki Web:
Dengan adanya web PTKAI memudahkan masyarakat luas untuk memperoleh informasi yang merupakan jasa transportasi y paling banyak di pergunakan oleh masyarakat, karena cukup ekonomis. Tidak hanya itu PT KAI memberikan layanan kereta api penumpang dan barang. Hampir semua jalur yang beroperasi memiliki layanan angkutan kereta api penumpang yang dijalankan secara teratur di berbagai daerah. Seiring adanya web site yang semakin maju, akan tetapi tidak diimbagi pada sektor arana dan prasarana perkereta apian , semisal Masalah ketepatan jadwal perjalanan KA masih diwarnai dengan kelambatan, karena pada bagian jalan KA tertentu sedang ada pelaksanaan pekerjaan perbaikan pada komponen jalan rel, baik berupa penggantian rel, bantalan, maupun penambahan balas, sehingga KA harus berjalan perlahan dan berpengaruh terhadap total waktu tempuh. Pelayanan dan keamanan masih sangat kurang dan perlu di tingkatkan lagi kinerjanya, baik pada saat di stasiun maupun saat di dalam gerbong kereta msaih belum terdapat pelayanan dan keamanan yang memuaskan konsumen.
Diharapkan dengan adanya Web PT KAI semua masyarakat pengguna jasa kereta api dapat menikmati layanan yang sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) sehingga elektabilitas PT KAI mempunyai nilai yang tinggi seiring perkembangan zaman yang semakin maju. Tidak hanya pada layanan Web, akan tetapi perlunya revitalisasi fasilitas, ketepatan sarana, keamanan yang saat ini kondisinya masih belum maksimal, diharapkan PT KAIsar segera melakukan perbaikan dengan jangka waktu yang panjang demi Kemajuan Perkereta apian Indonesia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H