Ada banyak topik Pelatihan Mandiri yang bisa dipilih dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM). Sudah lima topik yang sudah saya selesaikan dari sekian puluh topik yang ada.Â
Tak apa. Tak perlu terburu-buru dalam menyelesaikan Pelatihan Mandiri. Khawatirnya kalau terburu-buru, malah membuat pening dan kurang paham materi atau modul yang ada di setiap topik.
Yang saya ulas saat ini adalah Aksi Nyata yang terakhir saya unggah di PMM dan dinyatakan sudah selesai dan bisa mendownload sertifikat. Saya memposting ini bukan karena Aksi Nyata yang saya susun sudah sempurna. Hanya untuk gambaran saja bagi Penyusunan Tujuan Pembelajaran di sekolah.
Karena saya mengajar di kelas III maka saya menyusun Tujuan Pembelajaran pada Fase B. Mata pelajaran yang saya ambil adalah Bahasa Indonesia pada elemen Menyimak, Membaca dan Memirsa, Berbicara dan Mempresentasikan serta Menulis.
Dalam pelaporan Aksi Nyata, saya sertakan Deskripsi serta Refleksi yang biasanya harus dijawab oleh guru.Â
Berikut contohnya;
Penyusunan Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase B
Deskripsi
1. Capaian Pembelajaran yang saya ambil adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia pada Fase B baik dalam elemen Menyimak, Membaca dan Memirsa, Berbicara dan Mempresentasikan, serta Menulis.
2. Dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran, saya mencermati Capaian Pembelajaran (CP) yang ada, kemudian saya mempertimbangkan tingkat kesulitan dari rumusan CP yang ada dalam panduan CP. Kemudian dari CP itu dimasukkan ke tingkat kelas III dan IV baik di semester 1 maupun semester 2.
3. Dalam perumusan TP ini yang banyak terlibat adalah kami (guru kelas yang mengampu kelas III dan kelas IV) (Fase B). Tetapi, kami meminta pertimbangan Kepala Sekolah serta Guru-guru antar Fase baik Guru Fase A maupun Guru Fase C agar pembelajaran bisa berkelanjutan dan tidak meloncat-loncat dalam penyampaian materi pelajaran.