Mohon tunggu...
Zahrotul Mujahidah
Zahrotul Mujahidah Mohon Tunggu... Guru - Jika ada orang yang merasa baik, biarlah aku merasa menjadi manusia yang sebaliknya, agar aku tak terlena dan bisa mawas diri atas keburukanku

Guru SDM Branjang (Juli 2005-April 2022), SDN Karanganom II (Mei 2022-sekarang) Blog: zahrotulmujahidah.blogspot.com, joraazzashifa.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Bolu Pisang Ambon Kukus yang Mantul untuk Keluarga

11 Mei 2020   00:20 Diperbarui: 11 Mei 2020   00:26 2598
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bolu pisang ambon telah matang. Dokpri

Bulan puasa ini kebetulan pohon pisang di kebun sudah tua. Ya alhamdulillaah, ketahanan pangan di tengah pandemi covid 19, kami panen pisang ambon. Sebelumnya juga panen pisang emas.

Nah karena panen pisang yang berdekatan maka rasa bosan menikmati pisang sudah tentu kami alami. Saya berpikir kalau sampai busuk karena tak termakan maka akan mubadzir. Saudara dan bapak juga bisa bosan ketika kami bagi pisang panenan kebun.

Karena bosan dengan cara menikmati pisang yang dimakan sebagai buah,  saya coba bikin bolu pisang kukus yang rasanya mantul. Dulu sih pernah membuat tetapi karena kesibukan maka urusan olah mengolah pisang sangat jarang saya lakukan.

Mumpung saat ini lebih banyak di rumah maka saya berusaha mengeksekusi pisang menjadi olahan bolu pisang dengan cara dikukus. Saya membuat bolu pisang kukus pada siang hari. Jadi saya pasti tidak mencicipi bagaimana rasanya.

Meski begitu, suami dan anakku suka menikmatinya begitu bedug dan azan Maghrib berkumandang. Diawali minum teh hangat dan mencicipi kolak ubi, dilanjut dengan makan bolu buatan saya. Alhamdulillaah rasanya pas.

Oh iya. Untuk membuat bolu pisang kukus, wkatu yang dibutuhkan sekitar 1/2 jam. Termasuk mulai meracik adonan hingga bolu pisang matang.

Nah, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bolu pisang kukus sebagai berikut.

Bahan pembuatan bolu pisang ambon kukus. Dokpri
Bahan pembuatan bolu pisang ambon kukus. Dokpri
1 . Pisang ambon matang 3 buah
2 . Tepung terigu 200 gram
3 . Telur 2 buah
4 . Gula pasir 3 sendok makan atau sesuai selera
5 . Soda kue 1/2 sendok makan
6 . Susu full cream 1 sachet
7. Minyak goreng secukupnya.

Langkah membuat bolu pisang ambon kukus.

1. Pisang ambon diuleg sampai halus. Sisihkan.

Jurnas.com
Jurnas.com
2. Kocok lepas telur sampai berbuih. Lalu masukkan gula pasir. Kocok lagi sampai gula pasir larut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun