"Hati-hati.. Jangan sampai istri atau pacar Anda membuka Zaalora.co.id.. !!" Masih ingat dengan iklan Zalora di berbagai statsiun TV yang tayang di akhir tahun 2012 lalu? Iklan ini cukup 'menggelitik' dan berhasil mencuri perhatian sebagian masyarakat Indonesia, terutama kaum hawa berusia muda. Jika Anda lupa dengan iklan ini, Anda bisa melihatnya di Youtube. Setelah berjuang dengan berbagai campaign digital seperti SEO, SEM dan iklan di social media, akhirnya Zalora Indonesia mulai menggunakan media konvensional seperti TV commercial dan offline event dengan mengikuti berbagai pameran untuk memperkenalkan produk dan layanan mereka. Walhasil, kini Zalora Indonesia mulai memetik buah kerja keras mereka. Lihat saja traffic pengunjung yang membanjiri toko online mereka tak kurang dari 200.000 kunjungan/hari. Tak tanggung-tanggung setidaknya 200-500 transaksi berhasil mereka bukukan setiap harinya. Jika minimal harga rata-rata barang yang dijual Rp.300.000 saja, Anda bisa hitung sendiri berapa omset yang mereka kantongi setiap harinya. Kesuksesan Zalora di Indonesia memang cukup menarik perhatian. Ditengah gencarnya peritel konvensional asing yang masuk ke Indonesia, Zalora masuk ke ceruk pasar ritel fashion online lokal yang belum banyak digarap maksimal. Setidaknya terdapat beberapa kunci mengapa Zalora bisa berkembang pesat di Indonesia: 1. Pendanaan yang kuat Setelah mendapat suntikan dana dari beberapa venture capital seperti Rocket Internet, Summit Partners, Investment AB Kinnevik, Verlinvest dan Tengelmann Group, selain digital campaign Zalora mulai menggunakan kampanye konvensional untuk meraih lebih banyak pelanggan setianya. 2. Tim yang hebat Didukung human resources yang hebat mulai dari level atas hingga dibawahnya, Zalora mulai mengurita di Asia Tenggara. Dukungan teknis dari venture capital sebagai perusahaan induk berpengaruh besar terhadap pertumbuhan bisnis Zalora di Indonesia. 3. Pasar yang tepat Asia Tenggara merupakan kawasan yang dihuni lebih dari setengah milyar penduduk dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang paling berkembang dan stabil didunia. Dengan lebih dari 60 juta kalangan menengah yang mapan secara ekonomi, Indonesia menjadi salah satu pasar yang menarik bagi Zalora. 4. Line up produk yang beragam Zalora menjalin kerjasama dengan lebih dari 600 brand lokal dan internasional dan menjual lebih dari 50.000 jenis produk. Dengan berbagai macam pilihan produk yang beragam, pelanggan tak perlu masuk ke toko lain untuk mendapatkan produk fashion yang mereka inginkan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H