Mohon tunggu...
Joko Salman Alparisi
Joko Salman Alparisi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Blog Pribadi: "Dunia dalam Catatan Pribadi" - Mahasiswa Jurnalistik UIN SGD BDG

Selamat datang di "Dunia dalam Catatan Pribadi"! Halo, Saya Joko, penulis dan pengelola blog ini. Selamat bergabung dalam perjalanan saya menjelajahi dunia melalui lensa pribadi. Di sini, kita akan berbagi cerita, pandangan, dan pengalaman yang membuat hidup ini begitu menarik. Saya berusia 21 tahun, seorang mahasiswa Jurnalistik yang penuh gairah terhadap kehidupan dan belajar hal-hal baru. Melalui blog ini, saya ingin menciptakan ruang di mana kita dapat terhubung melalui cerita dan inspirasi. Saya percaya bahwa setiap pengalaman memiliki makna, dan di sini saya berbagi petualangan saya dalam mencari arti di balik setiap momen. Mengapa Blog Ini Ada? "Dunia dalam Catatan Pribadi" lahir dari keinginan saya untuk menciptakan wadah yang penuh inspirasi dan positif. Blog ini bukan hanya tentang pengalaman pribadi saya, tetapi juga tentang perjalanan kita bersama sebagai pembaca dan penulis. Saya berharap dapat menginspirasi, menghibur, dan memberikan perspektif baru melalui tulisan-tulisan saya. Apa yang Dapat Anda Temukan di Sini? Review: Saya juga suka berbagi pengalaman dan pandangan saya tentang buku, film, musik, dan banyak lagi. Tips Hidup Sehat: Saya tertarik pada gaya hidup sehat, dan akan berbagi tips dan trik yang saya temukan dalam perjalanan saya. Saya percaya bahwa setiap orang memiliki cerita untuk diceritakan, dan saya berharap Anda akan berbagi cerita Anda dengan saya juga. Jangan ragu untuk memberikan komentar, saran, atau sekadar mengucapkan hai. Blog ini adalah tempat untuk bertukar ide dan membuat koneksi baru. Terima kasih telah bergabung di "Dunia dalam Catatan Pribadi." Mari kita menjelajahi kehidupan bersama-sama, karena setiap catatan pribadi membentuk bagian dari kisah yang lebih besar. Selamat membaca dan selamat bergabung dalam perjalanan ini!

Selanjutnya

Tutup

Politik

Mengungkap Sisi Gelap Pemilihan Presiden: Fakta yang Tersembunyi dari Sorotan Publik

23 Desember 2023   17:06 Diperbarui: 23 Desember 2023   17:20 103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Gambar by istockphoto.com

Di tengah sorotan publik dan euforia pemilihan presiden, ada sisi lain yang mungkin tidak terlihat banyak orang. Laporan khusus ini mengungkapkan beberapa fakta yang jarang diketahui tentang apa yang terjadi di balik pemilihan presiden.

1. Pengaruh Uang dalam Kampanye

Setiap kampanye presiden yang luar biasa memiliki pengaruh finansial yang signifikan. Banyak kampanye didanai oleh donasi besar dari perusahaan, kelompok kepentingan, dan individu kaya. Hal ini dapat menimbulkan pertanyaan tentang seberapa besar pengaruh kepentingan pribadi pada keputusan politik.

2. Penyebaran Berita Palsu
Perang informasi palsu atau desinformasi sering terjadi selama pemilihan presiden. Pihak-pihak tertentu mungkin dengan sengaja menyebarkan berita palsu atau menggunakan taktik manipulatif untuk memengaruhi persepsi masyarakat. Ini mengancam kredibilitas pemilihan.

3. Pengawasan Elektronik yang Tidak Aman
Serangan siber dan manipulasi seringkali menyerang sistem pengawasan elektronik yang digunakan dalam pemilihan. Selama periode pemilihan, ancaman keamanan siber meningkat, yang menimbulkan keraguan tentang hasil yang sebenarnya.

4. Tindakan Politik yang Kotor
Di beberapa tempat, masih ada praktik politik kotor seperti pembelian suara, intimidasi pemilih, dan pemalsuan surat suara. Meskipun tindakan telah diambil untuk mengatasi praktik-praktik ini, integritas pemilihan tetap terancam.

5. Pembatasan Akses Data
Kadang-kadang terjadi upaya untuk membatasi akses pemilih terhadap informasi penting, yang dapat berdampak pada pemahaman masyarakat tentang calon presiden dan program yang mereka usung.

6. Mengubah Waktu Pemilihan
Untuk memberikan keuntungan politik kepada satu partai tertentu, dapat dilakukan manipulasi batas pemilihan atau redistricting. Metode yang disebut sebagai "gerrymandering" memiliki potensi untuk mengganggu perwakilan yang adil dalam sistem politik.

7. Pengaruh Extern
Upaya untuk menggunakan pengaruh asing, termasuk campur tangan dalam proses pemilihan, masih berbahaya. Serangan siber, propaganda, dan tindakan lainnya dapat mencoba memengaruhi politik suatu negara.


Melalui penyelidikan ini, kami ingin berusaha menyuarakan keprihatinan tentang aspek hitam pemilihan presiden yang terkadang terabaikan. Dengan memahami kesulitan ini, masyarakat akan lebih kritis dan proaktif dalam mendukung transparansi dan integritas dalam proses demokratis.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun