Mohon tunggu...
Joko Ristono
Joko Ristono Mohon Tunggu... Administrasi - Trainer dan Konsultan CRM
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Praktisi pemasaran dengan spesialisasi Customer Relatinship Management (CRM) yang sudah mendalami teknik dan skill Public Speaking untuk menunjang kemampuannya dalam men-deliver knowledge, skill, experience kepada para peserta Seminar, Training, Workshop, Mentoring. Sejak tahun 1994, belajar dari para expert tentang teori dan kasus-kasus pemasaran terkini untuk selanjutnya dipraktekan langsung dalam karir dunia Sales dan Marketing. Sebagai National Coordinator Public Speaking Indonesia Community, yang secara rutin melakukan kegiatan untuk mengasah para anggota semakin mahir di bidang Public Speaking, termasuk memberikan pelayanan kepada para Trainer di Indonesia untuk mendapatkan layanan Public Speaking Check Up.

Selanjutnya

Tutup

Money

CRM Tips #3 - Pentingnya Data Base dalam CRM

14 Februari 2019   07:24 Diperbarui: 14 Februari 2019   07:24 89
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Loyalitas pelanggan terjadi karena Relationship, Relationship terjadi karena Interaksi, Interaksi yang sukses terjadi karena data atau Informasi tentang Pelanggan - Jokori

Anda tentu pernah ngobrol dengan orang lain, dan lawan bicara begitu memahami Anda, ngobrol tentang diri Anda, tentang yang sedang Anda kerjakan, tentang capaian-capaian Anda, tentang rencana besar yang sedang Anda mulai canangkan... Ya, seolah obrolan tentang Anda adalah hal paling menarik di dunia bagi si lawan bicara. 

Apa yang Anda rasakan? Yups.. Anda makin suka pada orang itu, makin jatuh cinta, makin percaya, makin seneng komunikasi dengannya... Endingnya.. Relationship makin kuat. 

Bagi Anda yang Pemasar, prinsip sederhana ini MANJUR untuk membuat Pelanggan Anda jatuh hati, makin seneng pakai produk Anda, makin percaya, makin jatuh cinta pada produk dan layanan Anda dan akhirnya LOYAL. 

Implementasinya, untuk membuat Pelanggan loyal diperlukan Relationship yang kuat. Menciptakan Relationship hanya bisa dilakukan dengan interaksi atau komunikasi, dan Komunikasi yang sukses akan terjadi bila yang dikomunikasikan pas dan dalam hati pelanggan bilang "KAMU SUNGGUH MENGERTI SAYA... ". 

Untuk bisa merealisasikan komunikasi maksimal ini Anda perlu data atau informasi tentang pelanggan Anda. Omong kosong bisa mempertahankan hubungan tanpa ada komunikasi. Omong kosong komunikasi sukses tanpa info yang memadai. 

Seorang jomblo sedang melakukan PDKT pada cewek idamannya. Dia mati matian mencari informasi tentang si cewek, hobinya apa, kesukaannya apa, makanan favorit apa, film kesukaan, kuliah di mana, berapa saudara, siapa bapaknya, bapaknya kerja apa, si cewek berapa saudara, tinggal di daerah mana, agamanya apa, ukuran sepatu, ukuran celana, siapa Jomblo saingan dia saat ini, si jomblo saingan kerja apa, metode pdktnya si jomblo saingan bagaimana, apel seminggu berapa kali... Dan seterusnya... 

Pertanyaannya, kenapa si Jomblo ini secara alami melakukan pendataan seperti di atas? Yaa tentu saja si Jomblo agar tidak salah dalam komunikasi, agar bisa ber-empati, pada akhirnya bisa menciptakan relationship yang kuat, karena si cewek bilang "Mblo... Kamu sungguh mengerti saya, ngomong-ngomong kapan kamu cari tahu ukuran jari manis saya" Eaaaa...

Salam Relationship

Jokori  - CRM Specialist

100 CRM TIPS

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun