[caption caption="Redaksional di abad ke-21 dibagi menjadi dua: kecepatan dan kedalaman"][/caption]
Pengenalan Redaksional di Abad ke-21
Berita dapat tertulis melalui redaksional di suatu perusahaan media. Berita tersebut melewati beberapa tahap pembuatan. Ada enam tahap- tiga difokuskan pada kecepatan, tiga lagi di tahap pendalaman
KECEPATAN
1.     Tahap satu (Respon terhadap aksi)
Kata kunci di proses jurnalistik adalah kecepatan: kami ingin menjadi nomor satu dalam menyampaikan informasi. Jika kita tidak bisa menjadi yang pertama memunculkan berita, setidaknya kita harus dapat memunculkan gambarnya, hasil wawancara, mendapat reaksi pertama, maupun analisis pertama. Ini adalah bentuk dari kompetisi media yang memunculkan rutinitas produksi, yang berkaitan erat dengan deadline dan distribusi. Rutinitas tersebut berisi: newsgathering, news production, dan distribution.
[caption caption="Produksi berita secara umum"]
Dunia digital dan konvergensi menawarkan cara yang lebih mudah. Cara media digital atau online dalam menjalankan redaksionalnya yaitu: proses newsgathering, news production, dan distribution dapat dilakukan oleh satu orang dimanapun dan kapanpun.
[caption caption="Produksi berita online dapat dilakukan oleh siapapun"]
2.     Tahap kedua (Draft terbuka: liveblogging – draft pertama dalam jurnalisme)
Liveblogging tidak hanya sekedar kecepatan, tetapi formatnya bersifat cepat dari berbagai arah dan dalam beberapa media, dan dapat menanggapi koneksi jaringan.