Mohon tunggu...
Cuncunwijaya
Cuncunwijaya Mohon Tunggu... lainnya -

Cambridge A level

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Plat B Kaga Boleh Masuk Bogor/Bandung?

22 September 2014   00:35 Diperbarui: 18 Juni 2015   00:00 183
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Berita di Tv hari ini sungguh mengusik jiwa dan rasa nasionalisme saya sebagai bangsa indonesia.
20 tahun yg lalu saya mendiskusikan dan menulis sebuah essay berkaitan dengan buku 'the clash of civilization' milik michael huntington(kalo kaga salah ingat) yg memprediksi terpecahnya uni soviet menjadi puluhan negara kecil yg terbelah oleh suku,ras,agama dan kebudayaan.
Theory micheal huntington juga sangat mungkin terjadi di indonesia dewasa ini karena dalam dua tahun terakhir ini dalam perjalanan saya mencetak sawah baru, saya sering di stop polisi lalulintas di sumut-aceh yg mempersoalkan surat mobil saya yg berplat B.
Saya berulang kali bertanya,"Maaf pak polisi, terakhir saya periksa, langkat/aceh masih bagian dari republik indonesia, kenapa bapak merazia mobil saya dan ngotot memaksa agar mobil saya yg plat B harus dimutasi menjadi BK?"
Jawaban pak polisi pada umumnya adalah karena jalan daerah yg kulalui milik daerah dan dirawat dgn uang daerah, maka bila saya kaga memakai plat Bk maka tidak ada pemasukan pajak dari mobil saya.
Apa sumut ini bukan bagian dari indonesia?
Ada lagi pengalaman pribadi saya saat sawah saya perlu pupuk, dan di toko pupuk Aceh timur kehabisan stock, saya beli ke aceh tamiang, dari toko pupuk hingga polisi menanyakan pupuk saya ini, katanya saya kaga boleh beli pupuk subsidi tamiang....
Saya tantang semuanya, pak, saya petani padi republik indonesia, perlu pupuk untuk tanaman padi saya dan di daerah saya, aceh timur kehabisan, masak saya kaga boleh beli di tamiang?
Terakhir saya periksa tamiang masih republik indonesia.Tangkap lah saya!
Nah sekarang cetak saya baru saya sampai Aceh jaya, pantai barat, saya ditantang lagi untuk cetak sawah ke sulawesi, konawe selatan..bagaimana saya bisa kerja bila seluruh aparat dan birokrat terjebak ego sektoral?
Dimana rasa nasionalism kita semua?
Indonesia bisa bubar ditangan kalian yg goblok.
Kemacetan di bandung dan dibogor harusnya diselesaikan dgn perencanaan kota serta perencanaan lalu lintas yg baik...bukan dgn membubarkan indonesia dgn membedakan mobil plat daerah lain kaga boleh masuk....
Kalo diiyakan nanti pejabat itu akan minta agar yg suku batak kaga boleh datang bandung karena bersaing dan berebut pekerjaan dgn orang bandung.
Muak saya lihat orang indonesia yg goblok dan tidak memiliki wawasan kebangsaan yg baik.

Mohon tunggu...

Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun