Salah satu cara terbaik untuk mencari topik konten baru adalah dengan membaca berita setiap hari. Berita selalu berganti tiap harinya, jadi Anda dijamin akan menemukan sesuatu yang belum pernah ditulis oleh siapa pun.
 Jika Anda menulisnya dengan cukup cepat, Anda akan terlihat sebagai jurnalis di media sosial yang terpercaya dan terkini. Selain itu, mengubah berita menjadi suatu konten khususnya di media sosial memberikan warna tersendiri di dunia konten digital sekarang ini. Nah, bagaimana langkah langkah membuat suatu konten dari berita?
Berikut ini tujuh cara yang dapat Anda lakukan:
1. Ringkas artikel tersebut.
Cara termudah dan paling mudah untuk memanfaatkan artikel berita yang ada adalah dengan merangkumnya. Lakukan ini dengan membaca artikel sepenuhnya, pisahkan, dan tulis ringkasan lengkap dengan kata-kata Anda sendiri. Ini bisa menjadi agak tricky, karena dalam perjalanan menulis ulang artikel, mudah menyerah pada pengulangan frasa atau penataan serupa.Â
Hindari ini dengan cara apa pun. Anda harus menuliskannya dengan nada suara baru, menekankan apa yang Anda anggap penting dan tidak menekankan apa yang menurut Anda tidak penting. Agar aman, sebaiknya sertakan tautan kutipan yang menunjuk kembali ke artikel asli.
2. Nyatakan pendapat Anda.
Dengan kompleksitas yang sedikit meningkat, Anda dapat mengubah artikel berita menjadi bagian opini yang terperinci. Ini masih akan memiliki elemen ringkasan — bahkan, Anda dapat meringkas artikel di paragraf pembuka untuk memperkenalkan pembaca Anda pada topik — tetapi sebagian besar artikel Anda akan difokuskan pada pendapat Anda seputar topik tersebut.Â
Misalnya, jika ada pembaharuan dari aplikasi terkenal dan Anda ingin menulis opini, Anda dapat meringkas sejauh mana pembaruan tersebut dan kemudian menjelaskan mengapa menurut Anda itu penting atau tidak signifikan.
3. Prediksi masa depan.
Artikel prediksi masa depan adalah variasi panjang dari artikel opini, tetapi mereka lebih didasarkan pada fakta dan spekulasi daripada opini subjektif. Untuk artikel ini, Anda juga akan memperkenalkan artikel berita, tetapi Anda akan membawanya lebih lanjut dengan mengikatnya bersama artikel berita lainnya yang berfokus pada topik yang serupa atau terkait.Â
Dari sana, Anda akan membuat klaim spekulatif tentang bagaimana masa depan akan mengalami kemajuan. Misalnya, jika sebuah artikel muncul tentang teknologi yang muncul, Anda dapat membuat prediksi yang cukup berani tentang seberapa baik itu akan diadopsi oleh perusahaan di industri Anda. Sebagai bonus tambahan, Anda dapat menindaklanjuti setelah jangka waktu tertentu dan mengukur seberapa akurat prediksi Anda.
4. Buat infografis.
Selanjutnya, Anda dapat mengambil data atau informasi dari artikel berita dan mengubahnya menjadi semacam infografis. Satu-satunya masalah di sini adalah bahwa mungkin tidak ada informasi mentah yang cukup bagi Anda untuk membuat visual berskala besar yang sesuai dan terperinci.Â
Jika itu masalahnya, Anda mungkin harus melengkapi informasi itu dengan potongan data lain yang dapat Anda temukan di seluruh web, mungkin dalam bentuk artikel atau penelitian berita lainnya. Jika Anda benar-benar sudah mentok, Anda dapat melakukan survei di antara followers Anda tentang pandangan mereka tentang masalah ini, dan menggunakannya sebagai dasar untuk infografis Anda.
5. Gunakan sebagai subjek podcast.
Format ini tidak memerlukan konten atau penulisan apa pun. Daripada menuliskan pendapat Anda tentang berita atau berspekulasi tentang masa depan, Anda dapat membicarakan hal-hal ini kepada audiens Anda secara langsung. Berbicara cenderung memfasilitasi struktur yang unik dan pilihan kata yang membedakan diri dari rekan-rekan tertulis mereka. Anda mungkin merasa lebih mudah untuk mengadakan monolog tentang topik tersebut, daripada menulis tentangnya, dan audiens Anda mungkin menghargai mendengar suara alami Anda. Anda masih bisa menulis transkrip untuk manfaat SEO, tetapi format audio utama akan melayani Anda dengan baik.
6. Cari wawancara.
Jika ada sesuatu yang layak diberitakan, kemungkinan ada setidaknya satu orang di belakangnya. Ini bisa menjadi penggagas acara baru, penemu teknologi baru, atau pemilik bisnis baru — jika Anda bisa menghubungi orang itu, Anda dapat melakukan wawancara dengan mereka dan menggunakan materi itu sebagai bagian unik konten Anda. Jika itu adalah berita nasional, ini mungkin sulit, tetapi jika Anda bisa mendapatkan wawancara, Anda akan berada di posisi yang bagus.
7. Gunakan itu sebagai titik awal.
Tentu saja, Anda tidak terbatas pada artikel itu sendiri sebagai bagian dari konten baru Anda. Anda dapat menggunakannya sebagai titik awal untuk mempelajari informasi baru atau bertukar pikiran tentang topik potensial. Penggunaan ini adalah salah satu yang paling fleksibel dan praktis yang akan Anda temukan, karena membuka pintu ke hampir semua aplikasi sambil tetap memberi Anda fondasi yang memadai. Cobalah mempelajari lebih lanjut tentang topik yang sedang dibahas atau menjelajahi detail lebih lanjut tentang keadaan di sekitarnya, lalu buat karya Anda dari sana.
Saya ingin mencatat bahwa masih penting untuk membuat topik sendiri, dengan membaca blog pesaing, meminta pendapat followers Anda, atau mengadakan brainstorming dengan sesama content creator.Â
Orisinalitas harus berada di jantung kampanye konten apa pun. Tetap saja, membuat putaran asli pada berita bisa sangat bermanfaat (dan sama efisiennya). Diversifikasikan konten Anda, tetapi teruslah membaca berita agar selalu terdepan dalam memberikan informasi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H