Peran pemimpin merupakan suatu karakteristik dan budaya organisasi yang terdapat didalamnya, Budaya organisasi merupakan suatu cara untung mempengaruhi serta mengerjakan sesuatu hal di dalam organisasi tersebut. Peran kepemimpinan juga memiliki makna didalamnya yaitu memiliki dampak untuk menggerakan, menjalankan, mempengaruhi  serta suatu implementasi pada diri untuk mengelola sekelompok orang atau individual agar dapat tercapai adanya suatu tujuan yang disepakati.
Budaya organisasi memiliki karakteristik model yang tidak jauh berbeda dengan masyarakat pada umumnya, dikarenakan di dalam budaya organisasi tersebut merupakan perilaku sikap dan semua anggota serta moral di dalam organisasi tersebut. Yang mana budaya tersebut dapat memberikan dampak positif atau negatif dalam memberikan dorongan atau motivasi kepada anggota dalam melakukan suatu tindakan serta perilaku yang disepakai dalam organisasi. Orang-orang terkait didalam organisasi yaitu ada karyawan, anggota serta perusahaan tersebut.
Lalu, Apa yang dilakukan oleh seorang pemimpin dalam budaya organisasi ?
Model pemimpin dalam menjalankan budaya organisasi yaitu dengan cara memberikan gambaran seorang pemimpin yang bisa mencerminkan karakter tersebut kepada anggota-anggota lainnya. Seperti memberikan sudut pandang mengenai etos kerja karyawan, sikap, integritas, disiplin, tanggung jawab, kerjasama tim dll. Hal tersebut dapat menggambarkan karakter dan budaya dari perusahaan melalui pemimpin untuk memberikan pemahaman yang berbeda.
Dan, apa saja karakteristik jenis dari Budaya Organisasi ?
1. Budaya organiasi yang memiliki sikap yang kuat dan bertanggung jawab
Jenis budaya ini merupakan hal yangmengacu pada situasi yang dapat menggambarkan tanggung jawab serta budaya untuk menghormati kebijakan organisasi serta mematuhi semua aturan dalam organisasi tersebut. Dan anggota didalamnya dalam mengerjakan suatu tugas dan tanggung jawab mereka selalui memiliki passion didalamnya yaitu sadar akan tanggung jawab yang sudah diberikan pada seorang pemimpin. Dengan kata lain karakteristik organisasi ini merupakan suatu organisasi yang memiliki anggota di dalamnya benar-benar menjalankan suatu amanat secara bijak dan baik.
2. Budaya Organisasi yang memiliki sikap yang lemahÂ
Sebaliknya, organisasi ini pada setiap anggota memiliki peran dan tanggung jawab yang halnya dimiliki oleh organisasi yang kuat. Namun, mereka memiliki hambatan di dalamnya terhadap sikap dan peran pemimpin terkait yaitu anggota memiliki rasa takut terhadap pemimpin dan atasan dalam organisasi terkait. Sehingga anggota melakukan tugas dan tanggung jawabnya hanya bertujuan agar cepat selesai dan adanya rasa paksaan saja.
Kedua jenis organisasi tersebut merupakan gambaran dari dampak seorang pemimpin dalam menjalankan suatu tanggung jawab terhadap organsiasi yang mana akan berdampak secara positif atau negatif. Dan sebaiknya pemimpin dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan bijak dan baik terhadap anggota yang ada serta memberikan contoh gambarakan budaya organisasi yang baik dan benar.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H