Saat ini, kolaborasi Idol K-pop dengan perusahaan skincare sangat populer dan telah menjadi hal yang sangat umum. Tidak hanya perusahaan skincare asal Korea Selatan saja, namun beberapa perusahaan skincare asal Indonesia turut melakukan kolaborasi dengan para idol K-pop. Sebagai generasi Z yang tumbuh seiring dengan adanya perkembangan K-pop yang pesat, saya menyadari bahwa pengaruh yang diberikan oleh idol K-pop ternyata sangat besar.
Seiring dengan berkembangnya popularitas K-Pop secara global, pengaruh yang dibawa tidak hanya terbatas pada bidang industri hiburan, melainkan juga meluas pada bidang fashion, life style, dan kecantikan. Idol K-Pop menjadi populer di dunia kecantikan karena paras mereka yang dianggap sangat cantik dan tampan. Riasan panggung Idol K-Pop seringkali mendapat sorotan orang banyak karena hasilnya terkesan sangat flawless, membuat kulit mereka tampak sehat dan bercahaya. Hal ini menjadi standar kecantikan tersendiri yang menjadi impian banyak orang karena penampilan idol K-Pop yang dianggap nyaris sempurna, terutama bagi para penggemar K-Pop. Akibatnya, orang-orang  mulai mencari produk-produk skincare yang digunakan oleh para idol tersebut agar dapat memiliki kulit sehat dan bercahaya seperti mereka sehingga banyak perusahaan skincare bersaing di pasaran untuk memilih idol K-pop terkenal sebagai brand ambassador dengan tujuan dapat mempromosikan produk skincare mereka secara luas dan efektif.
Fenomena ini dapat kita lihat secara jelas melalui iklan yang tersebar di berbagai platform media sosial, baik Instagram, TikTok, maupun YouTube yang sering menampilkan wajah para idol K-pop dalam iklan mereka sebagai brand ambassador. Selain itu, saat kita berjalan di sebuah mall, menemukan wajah idol K-Pop di sebuah toko yang menjual produk skincare adalah hal yang umum. Ketika berkunjung ke Sociolla misalnya, yang menjual berbagai produk kecantikan, baik itu make up maupun skincare dari berbagai merk, kita sering menemukan wajah idol K-Pop terpampang disana.
Tidak hanya perusahaan skincare ternama asal Korea Selatan seperti Innisfree, Laneige, dan The Face Shop yang merekrut idol K-pop sebagai brand ambassador mereka, beberapa merek skincare ternama di Indonesia juga turut melakukannya, seperti Scarlett, Somethinc, Wardah, Azarine dan Whitelab untuk meningkatkan daya tarik produk mereka, mengingat banyaknya jumlah penggemar K-Pop di Indonesia.
Selain untuk mempromosikan produk, strategi ini bertujuan untuk mempengaruhi tren kecantikan yang sedang berkembang, baik dikalangan penggemar maupun masyarakat awam. Melalui pemanfaatan besarnya popularitas yang dimiliki para Idol K-pop, kolaborasi ini dapat memberikan dampak positif secara signifikan terhadap penjualan produk sekaligus sebagai strategi untuk menarik perhatian pasar global.
Beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya peningkatan penjualan produk skincare melalui kolaborasi dengan idol K-Pop antara lain :
- Kekuatan Media Sosial dalam Pemasaran Secara Digital
Media sosial saat ini merupakan salah satu kekuatan utama dalam memasarkan produk. Popularitas idol K-Pop di media sosial seperti Instagram, Tiktok, Youtube dan X adalah hal yang sudah tidak diragukan lagi. Jumlah followers akun sosial media idol K-Pop baik akun pribadi sang idol maupun akun grup mereka memiliki jumlah yang fantastis, dari puluhan hingga ratusan juta penggemar. Semakin tinggi jumlah penggemar, maka semakin luas pula audiens yang akan dijangkau, sehingga hal ini akan dapat membantu meningkatkan efektivitas pemasaran produk yang dilakukan oleh idol K-Pop. Para penggemar K-Pop seringkali aktif di media sosial untuk melakukan interaksi dengan idola mereka melalui like maupun comment terhadap postingan idol mereka, yang menciptakan ikatan emosional tersendiri antara penggemar dan idol. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh perusahaan Skincare yang melakukan kolaborasi dengan idola K-Pop sebagai peluang untuk memasarkan produk mereka secara luas. Melalui popularitas idol K-Pop, perusahaan skincare tidak hanya dapat memperluas pasar domestik mereka, namun juga dapat memperbesar peluang produk mereka dipasarkan secara internasional .
- Daya Tarik Visual Idol K-Pop
Industri K-Pop sangat berorientasi pada penampilan. Idol K-Pop identik dengan penampilan fisik mereka yang memukau. Fitur wajah yang dimiliki idol K-Pop dianggap ideal, seperti kulit yang cerah, mulus, sehat dan bercahaya. Standar kecantikan ini menjadi dambaan bagi banyak orang, tidak hanya terbatas pada kalangan penggemar saja. Beberapa visual idol K-Pop dianggap unreal atau tidak realistis karena fitur wajah mereka yang nyaris sempurna. Hal ini menyebabkan idol K-Pop dapat lebih mudah diterima sebagai brand ambassador produk skincare untuk menonjolkan kredibilitas produk. Salah satu contoh kolaborasi sukses antara perusahaan skincare dengan idol K-Pop adalah kolaborasi yang dilakukan oleh Scarlett Whitening dengan idol K-Pop ternama, yaitu EXO. Melansir dari Beautynesia.id, melalui kolaborasinya dengan EXO, Scarlett whitening berhasil menjual 2.000 set bodycare dan bodylotion dalam waktu 10 menit. Tajuk kolaborasi Scarlett x EXO Â ini berhasil menyita perhatian penggemar karena Scarlett menyediakan special merchandise EXO berupa photocut, greeting card, dan envelope.
- Loyalitas Para Penggemar K-Pop
Loyalitas para penggemar K-Pop adalah hal yang sudah tidak diragukan lagi. Tidak hanya di Korea Selatan, penggemar K-Pop telah tersebar di berbagai negara. Para penggemar biasanya rela mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar untuk mendukung idola K-Pop favorit mereka. Mereka seringkali membeli produk-yang berhubungan dengan idola mereka dalam jumlah yang besar. Tidak hanya album, lightstick, dan merchandise resmi lainnya, penggemar juga akan menunjukkan dukungan mereka melalui pembelian produk yang bekerja sama dengan idola mereka, meskipun hal tersebut tidak memiliki kaitan dengan musik ataupun konser. Hal ini menunjukkan bahwa idol K-Pop memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap keputusan pembelian penggemar. Penggunaan idol K-Pop sebagai Brand Ambassador produk skincare telah terbukti efektif. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan idol K-Pop sebagai brand ambassador memiliki pengaruh positif sebesar 24,2% terhadap loyalitas konsumen, menunjukkan bahwa kontribusi idol K-Pop mendorong adanya peningkatan daya tarik merek dan mendorong penggemar mereka untuk membeli produk. (Maulidia & Kamila, 2021).
Melalui pendekatan pemasaran yang inovatif dan pemilihan idol yang tepat, kolaborasi yang dilakukan antara perusahaan skincare dan idol K-Pop dapat meningkatkan citra perusahaan sehingga dapat mempengaruhi kepercayaan konsumen terhadap suatu merek. Melalui citra yang positif, maka kepercayaan konsumen akan semakin meningkat. Kepercayaan konsumen merupakan salah satu faktor penting yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Semakin tinggi tingkat kepercayaan konsumen terhadap suatu merek, maka semakin tinggi pula peluang konsumen untuk membeli produk tersebut sehingga mendorong terjadinya peningkatan penjualan.