Mohon tunggu...
Joanna Devina
Joanna Devina Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi STP Trisakti / Penerima Beasiswa Unggulan

Mahasiswi STP Trisakti Penerima Beasiswa Unggulan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Komponen Ketidakpastian Lingkungan

20 Januari 2021   14:00 Diperbarui: 20 Januari 2021   14:23 660
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

1. Ketidakpastian Pasar (Market Uncertainty)

Ketidakpastian pasar berbicara tentang ketidakjelasan mengenai jenis dan tingkat kebutuhan pelanggan. Pasar yang cepat berubah dan berkembang dapat menyebabkan tingkat ketidakpastian pasar yang tinggi. Dalam situasi ini, sulit bagi perusahaan untuk mengetahui siapa pelanggannya, apa yang mereka inginkan, dan bagaimana mereka dapat dihubungi. Ambiguitas dinamika pasar dan pengaruhnya terhadap aktivitas dan operasi perusahaan menyebabkan ketidakpastian pasar. Ini sangat terkait dengan perilaku pelanggan, seperti sikap, selera, preferensi, dan minat mereka terhadap produk atau layanan tertentu. Semakin sedikit pengetahuan yang dimiliki perusahaan tentang perilaku pelanggannya, semakin tinggi ketidakpastian pasar.

2.  Ketidakpastian Teknologi (Technology Uncertainty)

Ketidakpastian teknologi membahas seberapa akrab suatu perusahaan dengan teknologi yang diberikan. Ketidakpastian teknologi juga berbicara tentang tingkat perubahan teknologi relatif terhadap produk yang dikembangkan atau dibangun oleh suatu perusahaan. Ketika suatu perusahaan hidup dalam lingkungan dimana teknologi masih baru atau terus berkembang, maka ketidakpastian teknologi akan semakin tinggi. Ketidakpastian teknologi mengacu pada bagaimana sumber daya teknis perusahaan berubah atau berkembang dari waktu ke waktu. Ini terutama membahas kekurangan perusahaan untuk memahami atau meramalkan beberapa aspek lingkungan teknologi. Dengan sifat teknologi yang dinamis, mengantisipasi perubahan teknologi menjadi tantangan.

3. Ketidakpastian Pesaing (Competitive Uncertainty)

Ketidakpastian pesaing berbicara tentang kejadian yang tidak terduga dalam perusahaan dan sifat, rencana, strategi, dan tanggapan pesaing penting mereka terhadap perubahan lingkungan. Ketidakpastian pesaing mengacu pada ketidakmampuan perusahaan untuk mengatasi persaingan ketat yang akan datang, kekuatan relatif pesaing, dan taktik serta strategi pesaing. Untuk menghindari ketidakpastian pesaing, industri perhotelan harus mempelajari dan meneliti dengan cermat mereka yang kemungkinan besar akan menjadi pesaing. Kemudian, industri harus mengetahui aktivitas kompetitor serta rencana strategisnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun