Mohon tunggu...
Joanellie abigail
Joanellie abigail Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar

Pelajar suka membaca buku fiksi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi

3 Desember 2022   01:22 Diperbarui: 3 Desember 2022   01:34 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada tanggal 27 November 2022 di hari Minggu, saya Joanellie Abigail, Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Katolik Parahyangan berpartisipasi dalam Geladi Homanisasi. Saya sudah mengikuti rangkaian acara Geladi Hominisasi dari tugas pra-Geladi hingga sekarang saya berada si tugas pasca Geladi. 

Saya mengerjakan tugas pra-geladi bersama teman-teman saya untuk menambah wawasan tentang berbagai hal. Kami saling bertukar pikiran dalam mengerjakan tugas pra-Geladi, dan menurut saya adanya diskusi sangat membantu saya dalam pengerjaan tugas pra-Geladi dan sangat membuka wawasan saya dalam banyak hal. 

Tugas pra-geladi memiliki bagian dimana kita harus menonton sebuah film pendek. Saya sangat menyukai film pendek pilihan saya karena saya mendapatkan pengetahuan yang sebelumnya belum saya ketahui. 

Saya mengikuti rangkaian Geladi pada hari Minggu menggunakan zoom. Kami semua dibagi dalam kelompok dimana kami belum mengenali siapa-siapa di kelompok tersebut. Menurut saya waktu tersebut adalah kesempatan untuk berkenalan dengan mahasiswa-mahasiswa UNPAR lain yang berasal dari berbagai jurusan dan juga kota. 

Saya mendapat teman yang berasal dari Bandung, Jakarta, Kalimantan, bahkan NTT. Saya sangat senang karena saya dapat mengenali orang-orang baru dan juga diberi tantangan untuk berdiskusi bersama orang-orang yang belum saya kenal. 

Menurut saya, hal mencapai kesepakatan bersama yang dilakukan oleh banyak orang yang belum dikenali, dari berbagai daerah, dan juga berbagai latar belakang bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan, namun saya dan kelompok saya berhasil menyatukan pendapat kami sehingga mencapai suatu kesepakatan bersama. 

Kemampuan menggunakan logika dan bahasa merupakan hal yang dibutuhkan dalam berdiskusi sebagai kelompok agar kita bisa menyatukan banyak pendapat tanpa menyepelekan pendapat yang kurang disetujui.

Hal berdiskusi seperti ini akan saya terapkan dalam kehidupan perkuliahan saya yang mana sering membutuhkan diskusi antar satu sama lain. Menurut saya geladi hominisasi sangat membantu saya untuk meningkatkan kepercayaan diri serta sangat membantu dalam menerima pendapat satu sama lain.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun