Mohon tunggu...
Yuanita Levany
Yuanita Levany Mohon Tunggu... karyawan swasta -

hanya manusia biasa

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Sms iklan sampah yang sangat mengganggu

1 Maret 2013   08:30 Diperbarui: 24 Juni 2015   17:30 656
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Akhir-akhir ini saya agak terganggu, sebenarnya saya sudah lama meninggalkan blog ini namun ada sesuatu yang membuat saya ingin kembali menulis di sini.

Hari ini adalah hari yang menyebalkan untuk saya, tanya kenapa??? Iya saya sebal karena semua sms di inbox saya tidak sengaja terhapus oleh saya. Kok bisa??? Ini akibat sms yang sangat mengganggu saya beberapa waktu terakhir ini.

Memang bukan baru kali ini saya menerima sms iklan dan promosi apapun dari handphone saya, namun akhir-akhir ini saya mulai merasa terganggu, saya bosan dengan sms yang tiap hari saya terima saya pikir sms tersebut sangat penting ternyata hanya sms iklan yang menurut saya itu sms sampah. Saya mulai merasa kesal karena bukan sekali atau dua kali tapi setiap hari dan sehari itu kadang-kadang 2-5 sms saya terima.

Yang paling parah sms yang saya terima itu adalah iklan " Pinjaman, kartu kredit, kredit tanpa anggunan dan entah kredit apalagi yang saya sendiri tak jelas asal usulnya." entah resmi atau tidak, entah itu tipuan atau bukan, dan yang hebatnya semua nomor yang mengirim sms tersebut berbeda-beda (mungkin akibat sekarang harga kartu provider terlalu murah). Bukannya saya tidak pernah mencoba menghubungi nomor-nomor tersebut untuk memberi peringatan bahwa sms mereka sangat mengganggu saya, karena saya sering menunggu sms penting namun ketika saya pikir itu sms penting ternyata sms sampah mereka, beberapa kali saya coba menghubungi nomor tersebut melalui SMS (Karena jika saya menghubungi langsung yang ada emosi saya terkuras) tidak digubris sama sekali. Saya sms hari ini besoknya muncul lagi sms-sms sampah seperti itu.

Saya hampir putus asa menghadapi hal ini, ingin saya mengganti nomor saya ini namun dikarenakan nomor ini penting saya mengurungkannya kembali. Ada beberapa rekan yang menyarankan untuk menggunakan filter sms, akan tetapi bagaimana saya mau memfilter sms tersebut jika setiap harinya mereka mengirimkan sms dengan nomor yang berbeda-beda.

Yang saya bingungkan darimana mereka mendapatkan nomor handphone saya?? Kok sepertinya nomor handphone saya ini mudah sekali menjadi sasaran iklan sampah ini, apakah dari tempat saya mengisi pulsa atau tempat saya pernah mengajukan kartu kredit atau ada nomor-nomor yang diperjual belikan oleh pihak-pihak tertentu dan kebetulan nomor saya ini nomor cantik. Saya sempat mencurigai ada pihak dalam provider yang bekerja sama mencari keuntungan dengan memperjual belikan nomor ini, karena saya pernah juga mengalami nomor pascabayar saya yang saya gunakan untuk modem dan tidak pernah digunakan untuk aktivitas komunikasi mulai dari SMS dan telepon tiba-tiba ada sms masuk mulai dari sms "mama minta pulsa sampai sms iklan sampah seperti ini juga."

Dan hari ini adalah puncak kesabaran saya, dimana baru saja saya menerima 2 sms yang kembali menawarkan pinjaman semacamnya dan ketika saya hendak menghapus sms sampah ini tanpa sengaja saya "terdelete all" dan akhirnya semua sms saya yang penting ikut terhapus juga. saya mulai berpikir apakah hanya saya yang mengalami gangguan seperti ini? atau ada orang lain mengalami nasib sama seperti saya??????

Saya sangat gerah dan bosan dengan kondisi seperti ini, saya bingung apa yang harus saya lakukan untuk menghadapi hal-hal semacam ini, apakah provider memang tidak ada filter atau cek khusus untuk  spam sms untuk nomor-nomor yang mengirimkan spam semacam ini? atau memang ada kerja sama provider dengan pihak-pihak tertentu untuk mempromosikan produk mereka? Namun ini benar-benar sangat mengganggu dan sudah diluar batas kewajaran.

Saya juga menggunakan beberapa nomor handphone dengan provider yang berbeda, memang yang lain juga ada iklan ini itu bahkan iklan dari providernya langsung pun tak ketinggalan, tetapi hal ini yang lebih parah adalah "IKLAN SAMPAH" yang tak tau waktu mulai menjadi seperti teror untuk saya, dan akibatnya selain sms saya terhapus semua saya juga jadi malas menerima sms dan sering saya biarkan seperti itu saja sampai ada beberapa waktu yang lalu sms penting saya biarkan karena saya pikir itu adalah sms sampah.

Selain hal itu yang saya takutkan bahwa sms ini adalah penipuan, iya kalo orangnya memang tak tertarik tapi bagaimana ternyata orang yang dikirimkan smsnya memang sedang membutuhkan dan mencari pinjaman semacam ini, akhirnya timbul korban penipuan akibat dari sms sampah ini.

Saya rasa sudah seharusnya pihak provider memberi kenyamanan dan keamanan kepada pelanggannya dalam menggunakan produk mereka, bukan hanya dari SMS gratis atau telepon murah atau internet murah tetapi kenyamanan bahwa sms yang kita terima memang untuk kita bukan berbentuk "SMS SAMPAH atau PENIPUAN",  seharusnya pihak provider lebih memperketat saat pendaftaran nomor dengan sistem online dimana untuk mengaktifkan nomor harus menggunakan nomor KTP atau kartu identitas lainnya yang sebenarnya dan di cek terlebih dahulu keakuratan datanya bukan hanya sekedar mengisi nama, no ktp tapi asal-asalan pun tak ketahuan. Selain itu layanan pengaduan lebih diaktifkan dan diperhatikan sehingga pengaduan apapun cepat ditanggapi. Mungkin juga ada hal lain yang bisa memberikan kenyamanan untuk pelanggan.SMS gratis, telepon gratis bahkan internet gratis pun tak perlu digencar-gencarkan jika kenyamanan penggunaan layanan masih terganggu seperti ini.

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun