Pematang Sulur, Kota Jambi (11/8/2022) -- Teknik STP atau Segmenting, Targeting, dan Positioning merupakan salah satu teknik yang paling sering digunakan dalam melakukan perencanaan promosi dan pemasaran produk. Â Teknik ini bertujuan untuk melakukan pendekatan strategi dengan menargetkan produk kepada calon pelanggan dengan nilai terbaik.
Segmenting atau Segmentasi merupakan pembagian target pasar yang didasarkan dengan kondisi geografis, demografis, psikografis, dan perilaku. Tujuan dari segmentasi yaitu menemukan kelompok pelanggan yang memiliki kesamaan dalam hal kebutuhan produk.
Targeting memiliki tujuan untuk menentukan target pelanggan yang paling membutuhkan produk. Targeting dilakukan dengan melihat manfaat dan kegunaaan dari produk yang dihasilkan oleh pelaku UMKM.
Terakhir, Positioning produk dilakukan dengan menonjolkan manfaat dan keunikan dari produk yang dihasilkan. Tujuan dari positioning yaitu untuk menarik pelanggan dan membuat produk memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri.
Salah satu permasalahan yang ada pada UMKM di lingkungan Kelurahan Pematang Sulur yaitu kurangnya penjualan produk yang mungkin dikarenakan promosi yang dilakukan tidak tepat. Oleh karena itu mahasiswa KKN Tim II Undip memberikan edukasi terkait strategi pemasaran dengan menggunakan teknik STP.Â
Edukasi dilakukan dalam bentuk penyampaian informasi visual dengan poster dan diberikan kepada UMKM Rumah Jamur dan Toko Bangunan Harapan Baru. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman terkait teknik STP yang sering digunakan untuk mempromosikan produk terutama untuk UMKM yang ada di lingkungan Kelurahan Pematang Sulur.
Penulis : Jonathan Enrico
Editor : Jonathan Enrico
Lokasi : Kelurahan Pematang Sulur, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi
DPL : Dr. Ir. Eny Fuskhah., M.Si
KKN TIM II UNDIP 2022 Kelurahan Pematang Sulur, Kota Jambi